Breaking News:

Jurnalisme Warga

Saat Kelompok Informasi Gampong Raih Penghargaan IGA

Inovasi pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Gampong (KIG) yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika

Editor: bakri
Saat Kelompok Informasi Gampong Raih Penghargaan IGA
IST
M.ZUBAIR, S.H., M.H., Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Bireuen, melaporkan dari Bireuen

OLEH M.ZUBAIR, S.H., M.H., Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Bireuen, melaporkan dari Bireuen

Inovasi pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Gampong (KIG) yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominsa) Kabupaten Bireuen meraih juara I pada acara malam Penganugerahan Penghargaan Inovasi Daerah Kabupaten Bireuen di Hotel Fajar, 21 Desember lalu.

Acara tersebut merupakan puncak dari lomba inovasi daerah yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) di lingkungan Pemkab Bireuen mulai Juli sampai akhir November 2021 melalui aplikasi Innovative Government Award (IGA) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri.

Pada tahap pertama seleksi, Pemkab Bireuen mengusulkan 69 inovasi dari 60 satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK).

Terdiri atas 37 inovasi pelayanan publik, 8 inovasi tata kelola pemerintahan, dan 24 inovasi lainnya sesuai dengan kewenangan daerah.

Namun, dari jumlah tersebut hanya 54 inovasi yang dapat dikirim karena mandatori yang dibebankan tidak lengkap.

Dalam tahapan seleksi aplikasi, terjaring 34 inovasi dengan nilai kematangan di atas 95 berdasarakan kelengkapan data dukung.

Selanjutnya, Pemkab Bireuen menyeleksi kembali kriteria lomba dengan pembuktian data dukung melalui validasi lapangan dan menetapkan tiga nominator inovasi yang telah diterapkan di daerah per bentuk inovasi.

Dari seleksi tersebut inovasi pengembangan KIG yang diusulkan oleh Diskominsa memperoleh nilai 73,28 dan berhasil meraih nilai tertinggi pada kategori inovasi di bidang tata kelola pemerintahan.

Dengan demikian, perolehan angka tertinggi tersebut dalam rangka untuk lebih memotivasi aparatur Diskominsa memberdayakan masyarakat, maka Pemkab Bireuen memberi penghargaan berupa plakat dan uang pembinaan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved