Breaking News:

Kajian Islam

3 Tips Menolong Orang yang Pernah Berzina Menurut Buya Yahya, Termasuk Bantu Tutup Aibnya

Jika ada orang di sekitar kita pernah melakukan zina, ada beberapa tips untuk membantunya agar keluar dari zina tersebut.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
INSTAGRAM @buyayahya_albahjah
Buya Yahya menjelaskan tentang cara menolong orang yang pernah berzina. 

SERAMBINEWS.COM - Berikut tips menolong orang yang pernah melakukan perbuatan zina menurut Buya Yahya, salah satunya adalah dengan membantu untuk menutup aib mereka.

Perbuatan zina adalah salah satu perbuatan yang dilarang keras oleh Allah SWT. 

Zina tidak hanya sebatas melakukan hubungan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan, tapi juga perbuatan-perbuatan yang membangkitkan syahwat lawan jenis yang bukan muhrim juga termasuk zina.

Umumnya, zina diartikan sebagai hubungan intim yang dilakukan laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri atau pasangan sahnya.

Meski perbuatan ini terlarang dan pelaku mendapat dosa, namun tak jarang sebagian orang memandang rendah para pelaku zina.

Jika ada orang di sekitar kita pernah melakukan zina, ada beberapa tips untuk membantunya agar keluar dari zina tersebut.

Baca juga: Jangan Keliru, Adakah Istilah Anak Haram dalam Islam? Begini Penjelasan Buya Yahya

Setidaknya ada tiga tips untuk menolong orang yang pernah ber zina menurut Buya Yahya.

Dalam konteks ini, apabila seorang wanita pernah beri zina dan memiliki anak dari hasil zina tersebut, maka kita sebagai orang di sekitarnya harus menolong agar ia tidak lagi terjerumus ke dalam dosa zina.

Tips pertama adalah bertaubat.

Anjurkan wanita tersebut untuk mengadu dan bertaubat kepada Allah.

Kata Buya, adapun ciri dosa zina yang diampuni adalah ketika sang pe zina bisa menutupi dari pandangan masyarakat. Artinya, ia menutup segala aib-aibnya.

"Ciri dosa zina yang diampuni adalah ketika sang pezina bisa menutupi dari pandangan masyarakat. Cukuplah baginya untuk mengadu dan bertaubat kepada Allah," tutur Buya Yahya dikutip Serambinews.com dari laman resmi buyayahya.org, Jumat (11/2/2022).

Baca juga: Bagaimana Hukum Merayakan Valentine Day dalam Islam? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut Ini

Tips kedua adalah menutup aib.

Kita juga sebagai manusia jika mengetahui perbuatan zina tersebut, sebaiknya membantu dengan menutupi aibnya dan memberi tahu pada pelaku zina tersebut agar ikut menutup rapat aib-aibnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved