Breaking News:

Libur Lebaran 2022

Masyarakat yang Berlibur Lebaran ke Sabang Setiap Hari Capai 3.900 Orang

Jumlah orang yang berangkat ke Pelabuhan Balohan, Sabang dari Pelabuhan Penyebrangan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, pada hari itu, mencapai 2.899

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/HERIANTO
Masyarakat dan wisatawan lokal maupun luar Aceh, yang ingin berlibur lebaran ke Sabang, sedang naik kapal fery, Jumat (6/5/2022), di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh. 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pada lebaran tahun ini, pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik dan liburan lebaran ke daerah wisata, memberikan dampak positif bagi kunjungan wisata ke Kota Sabang.

“Sejak lebaran kedua sampai lebaran kelima ini, jumlah orang yang berlibur ke Sabang, terus meningkat, antara 2.800 – 3.900 orang per hari,” kata Kepala Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh, Ismayadi melalui petugas lapangannya, Maulizan kepada Serambinews.com, Jumat (6/5/2022) di Pelabuhan Penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheue Kota Banda Aceh.

Maulizan mengatakan, tingginya minat masyarakat untuk berlibur lebaran Idul Fitri 1443 ke Sabang, sudah terlihat pada lebaran kedua, hari Selasa (3/5/2022).

Jumlah orang yang berangkat ke Pelabuhan Balohan, Sabang dari Pelabuhan Penyebrangan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, pada hari itu, mencapai 2.899 orang dan yang tiba di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Kota Banda Aceh hanya 1.658 orang.

Wisatawan Padati Sabang, Murry Rezeki: Jadwal Operasi Kapal Lambat Hingga Malam

“Penumpang sebanyak itu, dilayani oleh dua unit kapal feri kapasitas 250 – 350 orang penumpang dan 3 unit kapal cepat kapasitas 200 – 300 orang penumpang. Alhamdulillah, semuanya terangkut ke Sabang dengan selamat di tempat tujuaan1,” ujar Maulizan.

Pada hari ketiga lebaran, Rabu (4/5/2022), Maulizan menyebutkan, jumlah yang berangkat ke Sabang, lebih banyak lagi mencapai 3.952 orang, sedangkan yang tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, juga banyak mencapai 2.817 orang. Pada hari keempat lebaran, jumlah orang yang berangkat ke Sabang masih tetap banyak mencapai 3.821 orang dan yang tiba di Banda Aceh, juga masih tetap banyak 2.625 orang.

Maulizan mengatakan, jumlah orang yang berangkat dari Pelabuhan Penyebarangan Ulee Lheue ke Pelabuhan Penyebarangan Balohan Sabang, dengan jumlah orang yang tiba di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Kota Banda Aceh, dari Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Kota Sabang, pada liburan lebaran Idul Fitri 1443 H, tahun ini hampir sama. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan akomodasi atau tempat penginapan (Hotel dan Wisma, kotek, dll) yang ada di Kota Sabang, jumlahnya sangat terbatas, dibandingkan dengan jumlah orang yang datang berwisata liburan Hari Raya Idul Fitri ke Sabang, sangat banyak. Jika jumlah tempat penginapan di sana tersedia sangat banyak, maka orang yang akan menginap di Sabang, jumlahnya menjadi lebih banyak lagi.

Pemudik Meningkat, Penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan Sebaliknya Ditambah, Ini Jadwalnya

Pada umumnya, orang yang datang ke Sabang itu, kata Maulizan, ingin menginap dua sampai tiga hari, untuk berlibur bersama keluarga dan sanak saudara serta familinya, menikmati keindahan pemandangan Laut Kota Sabang

Tapi, karena jumlah penginapannya di Kota Wisata Sabang sangat terbatas, sebagian mereka yang datang berwisata ke Sabang, banyak yang pulang hari. Pagi pukul 08.00 WIB, mereka berangkat dengan kapal cepat dan sore harinya pukul 16.00 WIB, pulang kembali ke Banda Aceh dengan kapal cepat lagi.

Sebagian lagi, mereka menggunakan mobil pribadi dan sepeda motor naik kapal fery. Pada hari keempat lebaran Idsul Fitri, jumlah sepeda motor yang diseberangkan menggunakan kapal fery sebanyak 709 unit dan yang tiba di Perlabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh mencapai 781 unit.

Begitu juga yang membawa mobil pribadi dan truk kebutuhan pokok, pada lebaran keempat jumlah mobil yang diseberangkan ke Sabang menggunakan kapal fery sebanyak 171 unit mobil dan yang tiba di Pelabuhan Ulee Lheue sebanyak 196 unit.

Jumlah kenderaan yang diseberangkan ke Sabang dengan yang tiba di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, hampir sama. Hal ini, mengindikasikan, kata Maulizan, banyak pelancong liburan lebaran Idul Fitri yang tidak menginap di Sabang, karena tak dapat tempat penginapan, akibat terbatasnya ketersediaan penginapan di sana.

Pengamat Ekonomi Universitas Syiah Kuala Rustam Effendi yang dimintai tanggapannya mengatakan, kenapa setiap ada hari libur panjang, orang banyak yang pergi ke Sabang, karena pemandangan Laut Sabang, sangat indah, yang membuat orang, tidak akan pernah bosan dam melupakan berkunjung ke daerah wisata itu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved