Breaking News:

Konsultasi Agama Islam

Hukum Belajar Agama dari Media Sosial Tanpa Guru - Ruang Konsultasi Agama Islam

keabsahan belajar ilmu agama dari media sosial tanpa guru, soalnya akhir-akhir ini banyak orang cari ilmu agama dari Google,WAG, youtube dan lain-lain

Editor: Syamsul Azman
SERAMBINEWS.COM
FOTO ILUSTRASI - Mengaji di Balai Pengajian 

RUANG KONSULTASI AGAMA ISLAM KERJSAMA SERAMBI INDONESIA DENGAN IKATAN SARJANA ALUMNI DAYAH ( ISAD)

PERTANYAAN PERTAMA

Assalamulaikum warahmatullah warabarakatuh

Ustadz pengasuh mohon penjelasan tentang keabsahan belajar ilmu agama dari media sosial tanpa guru, soalnya akhir-akhir ini banyak orang cari ilmu agama dari Google,WAG, youtube dan lain-lain.

Pertanyaan dari Mutmainnah, Lambaro Angan, Aceh Besar,

Jawaban :

Waalaikum salam warahmatullah warabarakatuh.

Terima kasih pada saudari Mutmainnah, muslimah yang punya perhatian terhadap cara mendapatkan ilmu agama islam,

Memang benar, dewasa ini, Era Digital telah memberi bermacam kemudahan mengakses informasi, tak terkecuali ilmu keislaman. Namun terkadang bisa juga bumerang bagi kaum muslimin jika salah dalam penempatannya.

Fenomena media sosial sekarang ibarat pisau bermata dua. Ketika pisau itu dipegang oleh seorang pembunuh, maka pisau itu bisa menjadi benda yang mematikan. Namun, jika pisau itu dipegang oleh seorang juru masak, maka pisau itu dapat membantunya menciptakan masakan yang lezat.

Berikut ulasannya, Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Menjadi pribadi yang berilmu menjadikan diri kita memiliki derajat yang lebih tinggi.

Keabsahan sebuah ibadah tergantung tata cara ibadah yang kita lakukan berdasarkan ilmu yang kita punya. Dengan demikian, ilmu sangat menentukan bagaimana tata cara ibadah seseorang.

Untuk itu, seharusnya seseorang memiliki guru yang mempunyai kemampuan dan sanad keilmuan yang jelas.

Ini penting karena sanad ilmu menunjukkan pentingnya otoritas dalam berilmu agama. Terlebih bagi masyarakat muslim yang masih awam dan tidak memiliki kemampuan menggali serta meneliti suatu persoalan dalam ilmu agama, maka ia diwajibkan memiliki guru yang dapat membimbingnya agar tidak tersesat dalam pemahamannya.

DPP Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh bekerjasama dengan serambinews.com membuka Ruang Konsultasi Agama Islam diasuh oleh Tgk Alizar Usman, M.Hum.
DPP Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh bekerjasama dengan serambinews.com membuka Ruang Konsultasi Agama Islam diasuh oleh Tgk Alizar Usman, M.Hum. (SERAMBINEWS.COM)
Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved