Breaking News:

Kisah Pemuda Desa yang Kelola Server di Berbagai Negara, Jarang Keluar Rumah Dikira Kerja Gaib

Kisah pemuda desa di Kulon Progo ini menjadi salah satu yang menginspirasi. Mengelola hingga 50 server di berbagai negara dari rumahnya.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Amirullah
Kolase Serambinews / Tribun Jogja dan Kompas.com - Dani Julius Zebua
Kisah Nurohman, pemuda desa di Kulon Progo yang kelola server di berbagai negara. Jarang keluar rumah dikira pengangguran dan kerja gaib 

SERAMBINEWS.COM - Bertumbuh dan mencari penghasilan sekarang bisa dilakukan dari mana saja, bahkan dari rumah atau kamar sekalipun.

Kisah pemuda desa di Kulon Progo ini menjadi salah satu yang menginspirasi. Mengelola hingga 50 server di berbagai negara dari rumahnya.

Bahkan ia sempat dikira pengangguran dan kerja gaib oleh warga setempat karena jarang keluar rumah.

Adalah Nurohman (33), tinggal di sebuah dusun pada Kelurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikutip dari Kompas.com, Nur merupakan teknisi infrastruktur alias infrastructure engineer di perusahaan yang berkutat dalam internet of things (IoT).

Perusahaan tempatnya bekerja merupakan perusahaan IT yang fokus pada engineering robotik dan otomatisasi.

Perusahaan yang berkantor pusat di Singapura itu menangani IoT, di antaranya smart home, smart hotel, dan smart airport.

IoT merupakan jaringan antarperangkat dan peralatan yang terhubung satu dengan lain dan beroperasi secara otomatis tanpa campur tangan manusia secara langsung.

IoT memerlukan banyak data agar semua berjalan normal, seperti perubahan temperatur, suara, sentuhan, dan lain sebagainya.

Data tersebut tersimpan pada cloud data center.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved