Breaking News:

Berita Aceh

Mendagri Minta Pj Gubernur Aceh Kurangi Angka Kemiskinan, Masa Nova Berapa Jumlahnya?

Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepada Pj Gubernur Mayjen TNI (purn) Achmad Marzuki agar mengurangi angka kemiskinan di Aceh

Penulis: Sara Masroni | Editor: Muhammad Hadi
YouTube Serambi on TV
Mendagri Tito singgung kurangi angka kemiskinan ke Pj Gubernur Aceh, berapa angka kemiskinan di Aceh saat Nova Iriansyah saat menjabat Pelaksana Tugas (Plt) maupun Gubernur Aceh definitif? 

SERAMBINEWS.COM - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepada Pj Gubernur Mayjen TNI (purn) Achmad Marzuki agar mengurangi angka kemiskinan di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Mendagri saat memberikan sambutan pelantikan Mayjen TNI (purn) Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh masa jabatan 2022-2024 di Gedung Utama DPRA, Rabu (6/7/2022).

“Pj Gubernur Aceh untuk melakukan upaya dalam mengurangi kemiskinan, dan menjalankan program-program lainnya dengan sebaik mungkin,” kata Mendagri Tito dilihat di kanal YouTube Serambi on TV.

Baca juga: Profil Mayjen TNI Achmad Marzuki, Pj Gubernur Aceh yang Istrinya Pernah Nangis Tinggalkan Daerah Ini

Pj Gubernur Aceh diminta prioritaskan program pemulihan ekonomi paska pandemi, percepatan realisasi belanja yang efektif, tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Hidupkan UMKM, di antaranya dengan penggunaan produksi dalam negeri," pinta Tito.

"UMKM adalah sektor riil yang menjadi tulang punggung untuk ketahanan ekonomi termasuk Aceh," tambahnya.

Lalu bagaimana dengan angka kemiskinan di Aceh saat Nova Iriansyah menjabat, baik saat Pelaksana Tugas (Plt) maupun Gubernur Aceh definitif?

Angka Kemiskinan dan Pengangguran Selama Nova Menjabat

Sebagai informasi, Nova Iriansyah dilantik menjadi Gubernur Aceh definitif sisa masa jabatan 2017-2022 pada 5 November 2020 lalu.

Nova melanjutkan kepemimpinan Pemerintah Aceh yang sebelumnya dijabat oleh Irwandi Yusuf, namun tersangkut kasus korupsi dan ditangkap KPK.

Sebelum menjabat Gubernur Aceh, Nova juga sempat menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh sejak 5 Juli 2018 - 5 November 2020.

Jika dirunut sejak menjabat Plt hingga gubernur definitif dan mengakhiri jabatan secara keseluruhan, berapa angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh masa kepemimpinan Nova Iriansyah?

Baca juga: Fakta-Fakta Jelang Pelantikan Pj Gubernur Aceh, Ratusan Polisi Dikerahkan hingga Ruang DPRA Bersolek

Jumlah Kemiskinan di Aceh 2018-2021

Data yang dihimpun Serambinews.com dari Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh per Maret sejak 2018-2021, jumlah kemiskinan di Aceh sebagai berikut:

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved