Breaking News:

Idul Adha 2022

Disunnahkan Bagi Sohibul Kurban untuk Menyaksikan Penyembelihan Hewan Kurban, Ini Penjelasan UAS

Berdasarkan penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS), hukum menyaksikan penyembelihan hewan kurban adalah sunnah bagi yang berkurban atau sohibul kurban.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Proses penyembelihan hewan kurban di halaman di Masjid Agung Nurul Makmur, Kabupaten Aceh Singkil, Minggu (11/8/2019). Sohibul kurban disunnahkan untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban. 

Disunnahkan Bagi Sohibul Kurban untuk Menyaksikan Penyembelihan Hewan Kurban, Ini Penjelasan UAS

SERAMBINEWS.COM – Bagi sohibul kurban atau seseorang yang berkurban disunnahkan untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dai terkemuka Indonesia, Ustadz Abdul Somad (UAS) mengenai sohibul kurban disunnahkan melihat langsung penyembelihan hewan kurban.

Berkurban merupakan suatu ibadah yang hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang diutamakan.

Berkurban memiliki makna mendekatkan diri. Maksudnya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai bentuk rasa syukur dan ketaatan.

Baca juga: Daging Kurban Diutamakan untuk Kaum Muslim

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban sendiri dilakukan pada hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah, dan di hari tasyrik tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Berdasarkan penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS), hukum menyaksikan penyembelihan hewan kurban adalah sunnah bagi yang berkurban atau sohibul kurban

“Ketika Sayyidina Muhammad SAW menyembelih (hewan kurban), Aisyah menyaksikan. Ketika Sayydina Ali menyembelih (hewan kurban), Sayyidatuna Fatimah, Sayyidina Hassan, Sayyidina Husein menyaksikan,” ucap UAS.

Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad (CAPTURE YOUTUBE USTADZ ABDUL SOMAD OFFICIAL)

Oleh karena itu, kata UAS, hal ini menandakan sangat dianjurkan bagi sohibul kurban atau orang yang berkurban untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

“Hikmahnya apa? Melihat mati (hewan kurban itu) dan mensyiarkan agama agar orang tidak anggap sepele dengan kita (Islam),” jelas UAS.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved