Breaking News:

Kisah Rahmah, Ketua Koperasi Ketiara, dari Kopi Gayo Gelondong sampai Ekspor ke Luar Negeri

Kisah Rahmah dan Koperasi Pedagang Kopi (Kopepi) Ketiara, mulai dari jual beli kopi gelondong hingga ekspor ke luar negeri dengan omzet 100 Rp miliar

Penulis: Sara Masroni | Editor: Amirullah
Facebook Serambinews.com
Ketua Koperasi Ketiara, Rahmah (kiri) bersama Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra, bercerita mulai dari jual beli kopi gelondong hingga ekspor ke luar negeri. 

SERAMBINEWS.COM - Mulai dari nol. Kata itu keluar dari mulut perempuan asal Takengon, Aceh Tengah yang kini sudah mengekspor kopi gayo ke sejumlah negara di dunia.

Adalah Rahmah, Ketua Koperasi Pedagang Kopi (Kopepi) Ketiara, koperasi yang menyambung hajat sebagian masyarakat Gayo dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Roda perekonomian di dataran tinggi Gayo sangat terbantu karena adanya sosok Rahmah dan koperasi ini di sana.

Para petani bisa merasakan langsung manisnya penghasilan kopi dari kebun mereka untuk diekspor ke luar negeri, sekaligus juga membuka lapangan kerja bagi yang lain.

Tak tanggung-tanggung, tenaga kerja untuk operasional produksi saja kini mencapai 100-an orang di koperasi tersebut.

"Sekitar 100-an orang ada pak," ungkap Rahmah saat diwawancara Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra bersama Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia Zainal Arifin M Nur di home base Koperasi Ketiara, Takengon, Rabu (20/7/2022).

Belum lagi petani kopi dari puluhan desa berasal di sekitaran Gayo.

Terutama Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, mereka merasakan manisnya penghasilan dari tumbuhan berkafein yang mereka panen melalui koperasi tersebut.

Semua tidak mudah, ada perjuangan, keringat dan kerja keras serta kemauan untuk selalu belajar hingga sampai di titik ini.

Dan sosok yang bisa dikatakan sebagai orang di balik layar suksesnya Koperasi Ketiara adalah Rahmah, bagaimana kisahnya?

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved