Breaking News:

Politisi PDI-P Mardani Maming Jadi Buronan KPK, Polri Siap Bantu Cari

KPK pun mengaku masih terus melakukan pengejaran terhadap para tersangka yang belum diketahui keberadaannya ini.

Editor: Faisal Zamzami
KOMPAS.com / IRFAN KAMIL
Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mardani H Maming ditemui di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (2/6/2022). 

SERAMBINEWS.COM - Politisi PDI Perjuangan yang juga mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Mardani H Maming jadi buronan KPK.

KPK pun mengaku masih terus melakukan pengejaran terhadap para tersangka yang belum diketahui keberadaannya ini.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menanggapi permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) untuk membantu mencari tersangka Mardani H Maming yang sudah resmi masuk dalam daftar pencarian orang ( DPO).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan hingga kemarin Selasa (26/7/2022), Bareskrim Polri belum menerima surat dari lembaga Antirasuah tersebut soal pencarian  Mardani Maming.

Kendati demikian, Dedi menyatakan jika surat tersebut sudah sampai dan diterima, Polri siap semaksimal mungkin dalam membantu pencarian buron KPK tersebut.

"Sudah saya tanyakan Direktur Tipikor (Tindak Pidana Korupsi Bareskrim) surat belum diterima," kata Dedi seperti yang dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (27/7).  

"Pada prinsipnya Dirpidum (Direktorat Pidana Umum) akan maksimal membantu pencarian." 

DIberitakan Kompas TV sebelumnya, KPK telah menetapkan  Mardani Maming sebagai buronan atau masuk dalam DPO, Selasa kemarin.

Penetapan DPO itu diterbitkan setelah Maming dinilai tidak kooperatif lantaran tidak memenuhi dua panggilan penyidik KPK.


Bersamaan dengan itu, KPK juga berkirim surat ke Bareskrim Polri untuk meminta bantuan menangkap eks Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan tersebut.

"Hari ini KPK memasukkan tersangka ini dalam daftar pencarian orang (DPO) dan paralel dengan itu KPK juga berkirim surat ke Bareskrim Polri untuk meminta bantuan penangkapan terhadap tersangka dimaksud," kata Plt. Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri, Selasa (26/7).

Baca juga: Mardani Maming Jadi Buronan KPK, PBNU Imbau Mardani Menyerah

Dalam kesempatan itu, KPK, kata Ali, meminta Mardani Maming yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap untuk menyerahkan diri.

" KPK berharap tersangka dapat kooperatif dan menyerahkan diri kepada KPK agar proses penegakan hukum tindak pidana korupsi tidak terkendala," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut, Ali meminta masyarakat yang mengetahui keberadaan Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU) itu agar menghubungi  KPK melalui call center 198. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved