Breaking News:

Berita Pemilu

Belum Ada Parlok yang Mendaftar, KIP Ingatkan tak Terfokus Mendaftar di Hari Terakhir

Memasuki hari ketiga masa pendaftaran partai politik lokal (parlok) calon peserta Pemilu 2024, belum ada satupun partai yang mendaftar

Editor: bakri
For Serambinews.com
Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar saat menerima kunjungan Komisioner KIP Aceh di Mapolda Aceh, Selasa (2/8/2022). 

BANDA ACEH - Memasuki hari ketiga masa pendaftaran partai politik lokal (parlok) calon peserta Pemilu 2024, belum ada satupun partai yang mendaftar ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Parmas KIP Aceh, Tgk Akmal Abzal kepada Serambi, Rabu (3/8/2022) berharap, parlok calon peserta pemilu memanfaatkan waktu untuk mendaftar lebih awal dari tanggal yang sudah ditetapkan.

"Sejak jadwal pendaftaran parlok untuk menjadi peserta pemilu dibuka oleh KIP Aceh hingga hari ini belum ada satupun yang mendaftar ke KIP Aceh," kata Tgk Akmal Abzal.

Kendati delapan parlok calon peserta pemilu telah memiliki akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), namun KIP belum menerima secara resmi informasi kepastian pendaftaran parlok tersebut.

"Sebagai penyelenggara, KIP sangat berharap semua calon peserta memanfaatkan semaksimal mungkin limit waktu pendaftaran 1-14 Agustus mendatang," ujarnya.

"Usahakan untuk tidak terfokus mendaftar pada hari terakhir mengingat banyaknya dokumen-dokumen persyaratan yang harus dilengkapi," pesan Tgk Akmal Abzal.

Sebelumnya diberitakan, KIP Aceh membuka pendaftaran parlok calon peserta Pemilu 2024 bersamaan dengan pendaftaran partai politik nasional di KPU RI selama 14 hari dari tanggal 1-14 Agustus 2022.

Masa pendaftaran dibuka berdasarkan Keputusan KIP Aceh Nomor 20 Tahun 2022 Tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Lokal Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota Tahun 2024.

Baca juga: Sembilan Parpol Mendaftar ke KPU, 6 Sudah Lengkap Berkas

Baca juga: KIP Sosialisasikan PKPU Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu 

"Waktu pelayanan pendaftaran berlangsung dari hari Senin 1 Agustus sampai dengan Sabtu, 13 Agustus 2022 pukul 08:00-16.

00 WIB dan hari Minggu, 14 Agustus 2022 pukul 08:00- 23:59 WIB," sebut Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri didampingi para komisioner dalam konferensi pers di aula kantor KIP setempat, Jumat 29 Juli 2022.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved