Breaking News:

Kajian KWPSI

Amalan Dicintai Allah Menurut Rasulullah, Shalat Tepat Waktu dan Berbuat Baik kepada Orang Tua

Ustaz Ihsan mengatakan, beberapa amalan tersebut pernah ditanyakan oleh para sahabat kepada Rasulullah.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nur Nihayati
For Serambinews.com
Ustaz Muhammad Ihsan 

Ustaz Ihsan mengatakan, beberapa amalan tersebut pernah ditanyakan oleh para sahabat kepada Rasulullah.

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Beberapa amalan yang dicintai oleh Allah Swt dan mendatangkan keridhaan Allah kepada hambaNya diantaranya, shalat tepat pada waktu.

Dan berbuat baik kepada orang tua, shadaqah, jihad di jalan Allah, membaca Alquran dan segala perbuatan yang mendatangkan ridha Allah SWT.

Hal itu disampaikan oleh Ustaz Muhammad Ihsan SPdI MA dalam kajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) yang digelar di warkop Solong Jembatan Pango, Banda Aceh, Rabu (31/8/2022) malam.

Ustaz Ihsan mengatakan, beberapa amalan tersebut pernah ditanyakan oleh para sahabat kepada Rasulullah.

Baca juga: KWPSI Kembali Gelar Pengajian, Ini Kata Prof Yusni Saby soal Pemimpin Baru di Aceh

Begitu juga sebaliknya, para sahabat Nabi, seperti Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib berkeyakinan dan memiliki alasan beberapa amalan yang telah disebutkan di atas adalah amalan-amalan yang paling dicintai dan disenangi oleh Allah SWT.

Misal, sebut Ustaz Ihsan, Abu Bakar Ash-Shiddiq menyatakan, sedekah merupakan amalan yang terbaik, karena menurut Abu Bakar sedekah dapat memberatkan timbangan kebaikan hamba di yaumil mahsyar.

Sedangkan di dunia, Allah langsung berikan keberkahan dan melipatgandakan rezeki seseorang yang bersedekah.

"Sedekah juga amalan terbaik bagi orang-orang yang telah meninggal dan berada di alam barzah, dan ia adalah lentera paling terang di sana," kata Ustaz Ihsan yang juga Imuem Chiek Masjid Babul Mawaddah Makodam IM.

Kemudian, Umar bin Khattab menyatakan jihad di jalan Allah merupakan amalan terbaik karena mereka para pejuang Islam sudah berjuang menegakkan agama Allah dengan sebenar-benarnya jihad dan meninggal dalam syahid. Maka sudah sepatutnya amalan yang mereka lakukan dicintai oleh Allah SWT.

Baca juga: Waspada Potensi Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Perairan Aceh

Sementara Usman bin Affan memiliki pandangan, jika amalan terbaik dan mendatangkan ridha Allah adalah ta'lil Alquran atau membaca sekaligus mempelajari Alquran, alasannya karena Rasulullah sendiri pernah bersabda.

"Bacalah olehmu Alquran, karena sesungguhnya ia akan menjadikan penolongmu di hari akhirat," ujar Ustaz sambil mengutip sabda Rasulullah.

Ali bin Abi Thalib juga memiliki pandangan bahwasanya amalan yang terbaik di hadapan Allah adalah semua ibadah baik dan benar asalkan diterima di sisi Allah, seperti sedekah yang diterima oleh Allah dan ibadah lainnya.

Syarat amalan diterima oleh Allah swt kata Ustaz Ihsan, sebagian ulama berpendapat lakukan amalan dan ibadah tersebut berdasarkan ilmu, sebagaimana Allah menegaskan dalam surat Az-Zumar ayat 9 yang artinya.

"Katakanlah, adakah sama orang-orang yang mengetahui (berilmu) dengan orang-orang yang tidak mengetahui?, sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran" (QS; Az-Zumar:9).

Kemudian amalan tersebut juga harus dilakukan dengan ikhlas karena Allah swt.
"Inilah beberapa amalan yang dicintai oleh Allah, mudah-mudahan kita bisa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.(*)

Baca juga: Angin Segar bagi Masyarakat, Ini Daftar Bantuan Sosial yang Cair Bulan September 2022

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved