Breaking News:

Opini

Cegah HIV/AIDS dengan Pendidikan Seks Dini

Kasus HIV AIDS sedang mendapat sorotan tajam di seluruh dunia, termasuk di berbagai media sosial yang juga ikut ramai diberitakan

Editor: bakri
Cegah HIV/AIDS dengan Pendidikan Seks Dini
FOR SERAMBINEWS.COM
ULLY FITRIA SKM, Mahasiswi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

OLEH ULLY FITRIA SKM,  Mahasiswi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Dalam beberapa hari ini, kasus HIV AIDS sedang mendapat sorotan tajam di seluruh dunia, termasuk di berbagai media sosial yang juga ikut ramai diberitakan terkait adanya peningkatan kasus HIV AIDS.

Peningkatan kasus penyakit ini juga sedang marak terjadi di Bandung, pasalnya diberitakan bahwa ada ratusan mahasiswa dan ibu rumah tangga yang terinfeksi penyakit mengerikan tersebut.

Hingga Desember 2021, tercatat ada 414 mahasiswa terinfeksi HIV di Kota Bandung.

Lalu, total ada 12.358 warga positif HIV AIDS dan 5.943 di antaranya adalah warga Kota Bandung.

jumlah kasus tersebut merupakan akumulasi selama kurang lebih 30 tahun pada layanan HIV di Kota Bandung," (https:// www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya).

Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Silvia Dewi mengatakan penularan kasus HIVAIDS menyasar semua kalangan mulai dari ibu rumah tangga, pekerja swasta hingga mahasiswa.

Sebanyak 40 persen penderita HIV-AIDS tertular akibat perilaku heteroseksual (https://www.republika.co.id/berita/).

Penyakit HIV/AIDS ini menjadi momok yang sangat menakutkan dan banyak bermunculan berbagai stigma dalam lingkungan masyarakat karena hingga saat ini belum dapat diobati dan disembuhkan hanya saja dapat dilakukan terapi perawatan untuk menekan virus tersebut agar tidak menurunkan imun tubuh penderita sehingga penderita dapat terbantu untuk hidup lebih sehat dan lebih lama lagi.

Sebenarnya penyakit ini bisa dihindari dengan membekali diri dengan edukasi terkait HIV/AIDS, khususnya pada anak dan remaja terkait kesehatan reproduksi mereka untuk nantinya dapat mereka terapkan guna mencegah diri dari penyakit tersebut ketika mereka bergaul dengan teman sebaya mereka karena umumnya pergaulan bebas anak remaja dipengaruhi oleh teman sepergaulan.

Baca juga: Terungkap 12 Murid Sekolah Dasar di Cianjur Positif HIV/AIDS, Ternyata Tertular dari Orang Tua

Baca juga: Hari AIDS Sedunia, IDI Pidie Gelar Seminar dan Talkshow, Ada 67 Kasus

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved