Breaking News:

Jurnalisme Warga

Serunya Praktik di Labkes bagi Mahasiswa Pemula

Sebelum dilepas ke rumah sakit kami dibekali persiapan (coaching) yang akan membantu saat kami praktik klinik di rumah sakit

Editor: bakri
Serunya Praktik di Labkes bagi Mahasiswa Pemula
FOR SERAMBINEWS.COM
MIRDA MASTURA, Mahasiswi Prodi Keperawatan dan Anggota UKM Jurnalistik Universitas Bina Bangsa Getsempena, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH MIRDA MASTURA, Mahasiswi Prodi Keperawatan dan Anggota UKM Jurnalistik Universitas Bina Bangsa Getsempena, melaporkan dari Banda Aceh

SEBAGAI mahasiswa program studi keperawatan, saya dan teman-teman seangkatan sering melakukan praktik di Laboratorium Kesehatan Universitas Bina Bangsa Getsempena (Labkes UBBG) Banda Aceh.

Terlebih lagi pada akhir semester saat musim turun lapangan tiba.

Sebelum dilepas ke rumah sakit kami dibekali persiapan (coaching) yang akan membantu saat kami praktik klinik di rumah sakit.

Pembekalan yang dilakukan disesuaikan dengan mata kuliah yang akan kami praktikkan saat di rumah sakit.

Seperti pada akhir semester IV ini kami akan melakukan praktik klinik mata kuliah Keperawatan Medikal Bedah (KMB) dan Keperawatan Maternitas di Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh.

Pembekalan yang dilakukan untuk mata kuliah KMB adalah pemasangan kateter urine, pemasangan nasal gastrointestinal tube (NGT) dan resusitasi jantung paru (RJP).

Sedangkan untuk mata kuliah Maternitas ada praktik pemeriksaan leopold, pemeriksaan pap smear, pemasangan KB intra uterine device (IUD), dan praktik inspeksi visual asetat (IVA).

Materi pembekalan pertama dimulai dengan pemasangan kateter urine.

Baca juga: Mahasiswi Keperawatan Cerita Pasang Kateter Urin Pasien Cakep di TikTok, Begini Sikap Kampus dan RS

Baca juga: 34 Mahasiswa Prodi Keperawatan Langsa Poltekkes Kemenkes Diyudisium 

Pemasangan kateter urine dilakukan dengan indikasi pasien yang terhambat jalan keluarnya urine karena berbagai faktor seperti kanker prostat, infeksi saluran kemih (ISK), atau pada pasien yang dalam pemantauan cairan input dan outputnya, baik pada wanita maupun pria.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved