Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Aceh Tengah Gelar Festival Panen Kopi

Perayaan panen kopi dalam bentuk Festival Panen Kopi digelar di Dataran Tinggi Gayo, tepatnya di Desa Kute Lintang, Kecamatan Pegasing

Editor: bakri
SERAMBI/KIKI ADELIA
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, meninjau stan pameran makanan khas tradisional Gayo, di arena Festival Kopi Gayo 2022, di Desa Kute Lintang, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, Sabtu (3/9/2022). 

TAKENGON - Perayaan panen kopi dalam bentuk Festival Panen Kopi digelar di Dataran Tinggi Gayo, tepatnya di Desa Kute Lintang, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah, Sabtu (3/9/2022).

Festival Panen Kopi sudah digelar sebanyak empat kali, sejak tahun 2017 lalu.

Tahun ini merupakan even kelima yang diisi dengan pagelaran dan atraksi budaya.

Festival ini menjadi salah satu even yang ditunggu-tunggu dan selalu diisi dengan konten-konten menarik di tengah suka cita musim panen kopi.

Pelaksanaan Festival Panen Kopi tahun ini didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendukbudristek) melalui Program Pemajuan Kebudayaan Desa dan penyelenggaraan Bantuan Pemerintah Dana Pengembangan Lanjutan Kegiatan Prioritas Tahun 2022, Fasilitasi Bidang Kebudayaan 2022.

Festival Kopi yang berlangsung selama 2 hari itu digelar di Kampung Kute Lintang.

Kegiatan itu dihadiri Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, Anggota DPR Aceh, Bardan Sahidi, Perwakilan Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh, Miftah Nasution, dan sejumlah tokoh masyarakat Kampung Kute Lintang.

Almuniza Kamal berharap, dengan adanya Festival Kopi ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Gayo khususnya petani Kopi, dengan adanya kegiatan ini pemberdayaan masyarakat sebagai wahana akselerasi pemajuan kebudayaan serta kegiatan pasar kopi, budaya, pariwisata, festival budaya dan pertunjukan dalam satu paket kegiatan yang merupakan bentuk selebrasi atas kegiatan panen raya (besar) kopi Gayo.

“Kita berharap masyarakat bisa tumbuh ekonominya dan petani yang terutama sebagai pelaku utama kopi dan teman-teman pariwisata mendukung kepariwisataan agar bisa menikmati hasil dari tanaman kopi,” ujar Almuniza Kamal.

Baca juga: Reje Paya Tumpi Baru Undang Seniman Sumut ke Gayo Nikmati Festival Panen Kopi

Baca juga: Perkebunan Kopi Arab Saudi Mulai Berbunga, Panen Kopi Akan Melimpah Tahun Ini

Di arena acara Festival Kopi itu terdapat stan pameran oleh masyarakat setempat yang memperkenalkan berbagai kerajinan khas Gayo yaitu Kerawang dan berbagai makanan khas gayo mulai dari Pengat Depik, Asam Jing Mujair,Lepat, Cecah Bajik, dan Gadung Suwel.

Seperti diberitakan sebelumnya, Festival Panen Kopi ini juga akan berlangsung di dua desa di Aceh Tengah, yaitu di Desa Kelitu, Kecamatan Bintang pada 10-11 September dan di Desa Paya Tumpi Baru, Kecamatan Kebayakan, 17-18 September 2022.

Paya Tumpi Baru merupakan salah satu desa penerima program pemajuan kebudayaan desa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sejak tahun 2021 lalu. (k)

Baca juga: Rangkaian Panen Raya Kopi Gayo, Tahun Ini Diselenggarakan Festival Panen Kopi Jualan Secara Online

Baca juga: Kartina Dahari, Bantu Orang Tua Panen Kopi  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved