Breaking News:

Kerja Sama

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Jalin Kerja Sama dengan Disdik Aceh Besar

Wakil Dekan 3, Dr Mawardi juga merangkap Ketua prodi Studi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam laporannya menyampaik

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Dr Salman Abdul Muthalib, Kadis Pendidikan Aceh Besar Agus Jumaidi MPd, Wakil Dekan 3 Fakultas Ushuluddin Dr. Mawardi berfoto bersama usai menandatangani draft kerja sama di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar, Kamis (22/9/2022). 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjali kerja sama dengan Dinas Pendidikan Aceh besar.

Perjanjian kerja sama itu disepakati dalam pertemuan Kamis (22/9/2022) bertempat di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar.

Acara ini dirangkai dengan kegiatan penyerahan mahasiswa praktik kerja lapangan/magang prodi Studi Agama Fakultas Ushuluddin ke pihak SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar dan MIN 11 Kota Banda Aceh.

Hadir pada kegiatan itu Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Dr Salman Abdul Muthalib, Kadis Pendidikan Aceh Besar Agus Jumaidi MPd, Wakil Dekan 3 Fakultas Ushuluddin Dr Mawardi.

Hadir juga Kepala Sekolah SMP 1 Baitussalam Irwanuddin SPd, Kepala Min 11 Kota Banda Aceh yang diwakili waka kurikulum dan para dosen dan guru.

UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Penyusunan Mutu Kampus

Wakil Dekan 3, Dr Mawardi juga merangkap Ketua prodi Studi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam laporannya menyampaikan, bahwa sebelum diserahkan ke pihak sekolah, para mahasiswa telah dibekali dengan micro teaching selama satu hari penuh bersama pemateri Dr Ainal Mardhiah dosen Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan UIN.

"Selanjutnya pada 22 September 2022 mahasiswa diserahkan dan ditempatkan di dua sekolah yang berbeda untuk dua kelompok, yaitu SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar dan MIN 11 Kota Banda Aceh. Semuanya berjumlah 20 orang. Dan ada satu orang yang akan melakukan kegiatan PPL di Malaysia," kata Mawardi.

Dijelaskan, program praktik mengajar bagi mahasiswa akhir prodi Studi Agama ini penting dilakukan di sekolah.

Tujuannya memberikan pengalaman dan kemampuan mengajar serta untuk menyusun RPP di sekolah.

FISIP UIN Ar-Raniry dan LAN RI Gelar Workshop Administrasi Digital

Sementara Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar- raniry banda Aceh Dr Salman Abdul Muthalib menyebutkan, bahwa kebijakan ini dilakukan karena dalam tiga tahun terakhir ini Kementerian Agama RI, memberi peluang bagi alumni studi agama agama, aqidah dan filsafat Islam dan ilmu Alquran, serta tafsir untuk menjadi guru dalam formasi penerima pegawai negeri sipil.

"Makanya dengan prakter mengajar ini mereka kita harapkan mampu menjadi guru," katanya.

Lebih lanjut Salam menyampaikan, hal ini sebagai langkah strategis pimpinan fakultas agar ke depan banyak para alumni yang ikut tes formasi guru di kementerian Agama RI bisa lulus.

"Dan selesai kegiatan ini mereka dibekali dengan sertifikat mengajar di sekolah. Serta meminta pihak kedua sekolah untuk mau terus membina dan mendidik para mahasiswa PPL ini sampai mereka bisa menguasai materi strategi mengajar," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar, Agus Jumaidi menyambut baik penempatan mahasiswa PPL Fakultas Ushuluddin dan Filsafat di kedua sekolah. Menurutnya, dengan adanya kerja sama tersebut, ke depan pihaknya berharap banyak kegiatan di sekolah bisa melibatkan para dosen dari fakultas ushuluddin dan filsafat.

"Misalnya dalam penyuluhan nilai-nilai islam wasathiyah, penguatan aqidah dan akhlak siswa, literasi keagamaan dan penulisan buku buku keagamaan untuk pelajar di sekolah," pungkasnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penandatanganan MoU Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan pihak Dinas Pendidikan Aceh Besar.(*)

Gempa 6,4 SR Bangunkan Warga dari Tidur, Berpusat di 45 Km Arab Barat Daya Meulaboh

VIDEO Cegah DBD, Gampong Geudong Alue Bireuen Difogging

VIDEO Dokter RSUD Simeulue Mogok Pelayanan Imbas Tunjangan Kinerja Berkurang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved