Breaking News:

Berita Langsa

Hingga Malam Ini Volume Air DAS Krueng Langsa Masih Tinggi

Hingga Sabtu (8/10/2022) malam ini, air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Langsa dilaporkan belum surut

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
Foto BPBD Langsa
Banjir 2022 - Air mulai menggenangi sekitar rumah warga di Gampong Meurandeh Teungoh, Kecamatan Langsa Lama, akibat luapan DAS Krueng Langsa. 

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Hingga Sabtu (8/10/2022) malam ini, air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Langsa dilaporkan belum surut.

Kalak BBBD Langsa, Nursal Saputra, malam ini, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih terus memantau volume air dari DAS Krueng Langsa

Pasalnya, sampai sekarang volume air di DAS Krueng Langsa ini belum surut, bahkan memasuki sore hari tadi volume air masih naik. 

"Sampai malam ini air di Krueng Langsa masih tinggi belum surut, dan sore tadi volume air juga ada bertambah," ujarnya. 

Nursal menambahkan, apabila cuah hujan di daerah pegunungan Aceh Timur menurun, otomatis air di DAS Krueng Langsa akan berkurang dan surut ke muara laut.

Baca juga: Dampak Banjir di Aceh Timur Bertambah Jadi 17 Desa, 1.335 KK Mengungsi

Tapi sebaliknya, jika curah hujan tinggi di kawasan pegunungan maka volume air di DAS Krueng Langsa meningkat.

"Semoga curah hujan di pegunungan turun, sehingga tidak ada luapan air di DAS Krueng Langsa," sebutnya.

Namun demikian, pihak BPBD Kota Langsa meminta masyarakat sekitar DAS Krueng Langsa tetap waspada terjadinya luapan air. 

Sementara ratusan rumah warga dari sejumlah gampong umummya Kecamatan Langsa Baro yang sempat terendam luapan air, pascahujan sejak Jumat hingga Sabtu pagi.

Memasuki waktu siang tadi air berangsur surut dan sore sudah kering total, serta warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing. 

Air Dari DAS Krueng Langsa Mulai Meluap 

Pascahujan melanda daerah ini dan daerah pegunungan sejak Jumat malam, pada Sabtu (8/10/2022) siang ini, air dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Langsa mulai meluap. 

Ketinggian air sudah mencapai batas tanggul DAS Krueng Langsa, terutama di kawasan Kecamatan Langsa Lama, seperti di Gampong Meurandeh, Meurandeh Dayah, dan lainnya. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved