Breaking News:

Berita Aceh Timur

Dana Penerimaan dari Pusat Berkurang, Pemkab Aceh Timur Tak Sanggup Bayar Penuh TPP PNS Tahun 2022

Selebihnya sisa 8 bulan lagi yaitu untuk TPP bulan Mei hingga Desember 2022, akan dibayar/ditalangi dalam APBK murni tahun 2023.

Penulis: Seni Hendri | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Timur, Drs Irfan Kamal, MSi. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Timur, Drs Irfan Kamal, MSi membenarkan bahwa Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) PNS Aceh Timur tahun 2022, baru dibayar 3 bulan, yaitu jatah bulan Januari sampai Maret 2022.

Dalam waktu dekat ini, sebut Irfan, Pemkab Aceh Timur akan membayarkan satu bulan lagi TPP PNS Aceh Timur untuk jatah bulan April.

Selebihnya sisa 8 bulan lagi yaitu untuk TPP bulan Mei hingga Desember 2022, akan dibayar/ditalangi dalam APBK murni tahun 2023.

"Sudah kita rencanakan untuk dibayar 1 bulan jatah bulan April melalui APBK Perubahan,” kata Kepala BPKD Aceh Timur.

“Saat ini perubahan APBK sedang proses evaluasi oleh Pemerintah Provinsi Aceh,” ungkapnya.

“Setelah selesai selanjutnya akan kita buatkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)-nya, kemudian langsung kita bayarkan sekitar akhir Oktober," ungkap Irfan Kamal.

Baca juga: Kabar Gembira, TPP PNS Akhirnya Cair, Ini Kriteria dan Proses Pengajuannya untuk PNS Pemda

Sesuai dengan kemampuan keuangan daerah Aceh Timur saat ini, papar Irfan, TPP PNS Aceh Timur tahun 2022 hanya mampu dibayar 4 bulan.

"Selebihnya, dari Mei hingga Desember 2022, kita talangi dalam APBK murni tahun 2023," ungkapnya.

Irfan mengungkapkan penyebab Pemkab Aceh Timur tak mampu membayar penuh TPP PNS Aceh Timur tahun 2022.

Hal ini karena dana penerimaan daerah dari pemerintah pusat tahun 2022 lebih kecil dari tahun sebelumnya, dampak pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 silam.

"Tahun 2019, APBK murni kita sebesar Rp 1,9 triliun, dan sejak tahun 2020 hingga 2022, secara komulatif turun sekitar Rp 150 miliar, sehingga APBK Aceh Timur pada tahun 2022 hanya sekitar Rp 1,7 triliun,” beber dia.

“Hal ini sangat berdampak terhadap Aceh Timur, sehingga banyak belanja daerah yang dikurangi dan mengutamakan program prioritas, termasuk TPP PNS tahun 2022 belum terbayar penuh," terang Irfan Kamal.

Baca juga: Honor Guru Kontrak Hingga Honor Majelis Keistimewaan Daerah & TPP PNS Aceh Utara Dikurangi Lagi

"Karena itu, pembayaran TPP PNS Aceh Timur, jatah Mei hingga Desember 2022, akan ditalangi dalam APBK tahun 2023,” sebut dia.

“Hal ini karena keterbatasan kemampuan keuangan daerah tahun 2022, sehingga harus di-carry over ke tahun 2023," tutupnya.(*)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved