Breaking News:

Berita Jakarta

Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiun

Editor: bakri
Dok. Kompas TV
Yudo Margono 

JAKARTA - Pemerintah mengajukan nama Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL), Laksamana Yudo Margono, sebagai calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiun.

Hal itu disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani, saat menerima Surat Presiden (Surpres) tentang calon Panglima TNI yang diserahkan pemerintah melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Dan pada kesempatan ini saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Pangljma TNI Andika Perkasa adalah, ini sesuai yang ada di dalam surat, adalah Laksamana TNI Yudo Margono," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Setelah ini, serangkaian proses akan digelar sebelum DPR memberi persetujuan terhadap usulan kepala negara tersebut.

"Jadi masih akan ada mekanisme di DPR, rapim (rapat pimpinan), Bamus (Badan Musyawarah), kemudian menugaskan Komisi 1 untuk melaksanakan apa yang menjadi penugasan di rapim dan Bamus," kata Puan seusai menerima surpres pergantian Panglima TNI, kemarin.

Selanjutnya, kata Puan, akan digelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan.

Selain itu, DPR akan melakukan peninjauan untuk mengenal lebih jauh calon tunggal Panglima TNI.

Jika seluruh mekanisme tersebut sudah selesai, barulah DPR memutuskan untuk memberikan persetujuan terhadap usulan nama Yudo.

Puan yakin, rangkaian prosedur itu dapat digelar tepat waktu dan rampung sebelum DPR memasuki masa reses mulai 15 Desember mendatang.

"Dari surat ini diterima hari ini tanggal 28 (November), artinya masih ada 17 hari sebelum sidang masa penutupan tanggal 15 Desember mendatang," ujarnya.

Puan mengatakan, usulan Jokowi soal nama calon Panglima TNI pengganti Andika Perkasa merupakan hak preorgatif kepala negara.

Baca juga: Laksamana Yudo Margono, Anak Petani yang Besar di Kapal Perang

Baca juga: Anggota DPR RI: KSAL Yudo Margono Layak jadi Panglima TNI, Masa dari Angkatan Darat Lagi

Dia yakin, Presiden sudah mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih Yudo Margono.

Sosok Yudo pun dipastikan memenuhi syarat sebagai calon pimpinan tertinggi korps militer.

"Tentu saja banyak hal yang jadi pertimbangan, kinerja, kemudian nasionalisme, rasa cinta Tanah air, dan lain sebagainya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved