Breaking News:

Internasional

Arab Saudi dan China Prioritaskan Perkuat Hubungan, Ini Hasil Kesepakatan Kunjungan Xi Jinping

Kerajaan Arab Saudi dan China berjanji akan terus memprioritaskan hubungan bilateral sebagai bagian dari kebijakan luar negeri bersama.

Editor: M Nur Pakar
Foto: Saudi Press Agency
Presiden China Xi Jinping disambut oleh pejabat Kerajaan saat tiba di Bandara Internasional Riyadh, Arab Saudi, Rabu (7/12/2022) sore. 

SERAMBINEWS.COM, RIYADH - Kerajaan Arab Saudi dan China berjanji akan terus memprioritaskan hubungan bilateral sebagai bagian dari kebijakan luar negeri bersama.

Kedua negara itu juga menetapkan model kerja sama dan solidaritas untuk negara-negara berkembang, menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh kedua belah pihak setelah China'>KTT Saudi- China.

Kedua belah pihak menegaskan kembali akan terus mendukung kepentingan inti satu sama lain dalam mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayah.

Bahkan, siap mengerahkan upaya bersama untuk mempertahankan prinsip non-intervensi dalam urusan internal negara, aturan hukum internasional, dan prinsip dasar hubungan internasional.

Pihak Arab Saudi kembali menegaskan kepatuhannya kepada prinsip Satu- China, lapor kantor berita negara SPA, Jumat (9/12/2022).

Selain itu, pihak China menyatakan dukungan untuk Kerajaan dalam menjaga keamanan dan stabilitasnya.

Bahkan, menegaskan penentangannya terhadap tindakan apapun yang akan mencampuri urusan dalam negeri Kerajaan Arab Saudi.

Termasuk menolak setiap serangan yang menargetkan warga sipil, fasilitas sipil, wilayah Arab Saudi.

Kedua belah pihak menyatakan kepuasan mereka dengan tahapan progresif hubungan bilateral selama tiga dekade terakhir ini.

Selain itu, menekankan pentingnya melanjutkan aksi bersama di segala bidang.

Bahkan, akan memperdalam hubungan dalam kerangka kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara, dan mencapai cakrawala baru yang menjanjikan.

Baca juga: Raja Salman dan Presiden China Xi Jinping Tandatangani Sejumlah Kesepakatan di Riyadh

Kedua belah pihak memuji hasil positif dan bermanfaat dari kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Kerajaan pada Januari 2016, serta kunjungan Raja Salman ke China pada Maret 2017.

Selain itu, ada juga kunjungan Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada Februari 2019 ke China.

Kunjungan yang turut memperluas cakupan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved