Breaking News:

Opini

Meraih Cinta Allah .

Dalam Alquran juga terdapat beberapa ayat yang membicarakan masalah cinta, baik cinta sesama manusia maupun cinta kepada Allah

Editor: bakri
Meraih Cinta Allah  .
FOR SERAMBINEWS.COM
Prof Dr M HASBI AMIRUDDIN MA, Guru Besar Islamic Studies UIN Ar-Raniry, Ketua Dewan Pakar PB Inshafuddin, anggota Dewan Pakar ICMI Orwil Aceh, dan Direktur LSAMA Banda Aceh

OLEH Prof Dr M HASBI AMIRUDDIN MA, Guru Besar Islamic Studies UIN Ar-Raniry, Ketua Dewan Pakar PB Inshafuddin, anggota Dewan Pakar ICMI Orwil Aceh, dan Direktur LSAMA Banda Aceh

CINTA men cintai merupakan fitrah manusia.

Selain kita dapat dari ilmu psikologi dalam Alquran juga terdapat beberapa ayat yang membicarakan masalah cinta, baik cinta sesama manusia maupun cinta kepada Allah.

Alquran juga membicarakan ada kondisi tertentu Allah akan men cintai manusia sebagai hamba-Nya.

Mungkin karena inilah sehingga penulis novel islami terkenal, Habiburrahim El-Shirazy, memberi judul novelnya dengan Ayat-Ayat Cinta.

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, “ cinta” artinya suka sekali atau sayang benar.

Ketika berubah menjadi kata “men cintai” makna menjadi “menaruh kasih sayang”.

Salah satu di antara ayat Alquran yang membicarakan cintanya Allah kepada hamba-Nya terdapat dalam surat Ali Imran ayat 31.

Katakanlah (Nabi Muhammad), jika kamu men cintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan men cintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.

Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Ali Imran:31).

Ayat ini menjelaskan kepada kita, jika kita memiliki keinginan dan sekaligus berusaha beramal dengan amal-amal yang telah ditetapkan untuk men cintai Allah, Allah akan men cintai kita.

Betapa beruntungnya dan berbahagia seseorang hamba yang mau dan mampu mencintai Allah.

Baca juga: Bukan Perhiasan atau Barang Mewah, Ini yang Diberikan Kaesang-Erina kepada Undangan Semaan Alquran

Baca juga: Ini Sosok Ghanim Al-Muftah yang Bacakan Alquran di Pembukaan Piala Dunia 2022, Bukan Pria Biasa

Memang secara umum dalam ayat ini hanya terdapat makna bahwa ketika Allah men cintai kita maka akan diampuni akan dosadosa kita.

Tetapi dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang digunakan oleh para mufasir dalam menafsir ayat ini memberi penjelasan lebih dalam.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved