Mitos Seputar Kehamilan, Makan Dua Kali Lebih Banyak Hingga Dilarang Naik Pesawat

Intinya, diet makanan sehat biasa -yang tentunya tidak bertujuan menurunkan berat badan- akan menguntungkan ibu dan bayi.

Mitos Seputar Kehamilan, Makan Dua Kali Lebih Banyak Hingga Dilarang Naik Pesawat
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Banyak yang bilang perempuan hamil akan mengalami berbagai perubahan besar dalam hidupnya. Mulai dari harus makan dua kali lebih banyak hingga tidak boleh naik pesawat. Namun, apakah ini benar? BBC Future merangkum sejumlah mitos tentang kehamilan.

Makan dua kali lebih banyak

Secara ilmiah ternyata perempuan tidak memerlukan banyak kalori tambahan tatkala hamil, bahkan pada trimester ketiga kehamilan.

Jika biasanya perempuan direkomendasikan mengonsumsi 2.000 kalori per hari, maka jika hamil mereka hanya perlu menambah 200 kalori. Jumlah itu setara dengan sebuah roti bagel atau sesendok makan mayones!

Calon ibu juga bisa tetap melanjutkan diet mereka sehari-hari, tanpa mengurangi tumbuh kembang calon bayi.

Intinya, diet makanan sehat biasa -yang tentunya tidak bertujuan menurunkan berat badan- akan menguntungkan ibu dan bayi.

Dari penelitian terhadap 7.000 perempuan yang tetap melanjutkan pola makan biasa mereka ketika hamil ternyata mengalami kenaikan berat badan yang 3,84 kg lebih rendah dibandingkan dengan perempuan hamil yang mengubah pola makan.

Dalam studi ini terlihat bahwa, berat bayi baru lahir dari calon ibu dengan pola makan biasa tidak berbeda dengan ibu yang makan dua kali lebih banyak. Bahkan, makan wajar bisa mengurangi risiko preeklamsia, penyakit tekanan darah yang kerap muncul sebagai salah satu efek dari kehamilan.

Nyeri haid hilang

Banyak yang bercerita bahwa nyeri perut saat haid akan sirna setelah melahirkan. Rasa sakit yang dialami ketika haid sebenarnya berbeda-beda antara perempuan, bahkan pada sebagian perempuan yang "beruntung", yaitu yang jarang atau tidak pernah merasakan nyeri haid sama sekali.

Halaman
1234
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help