Home »

News

» Jakarta

Wakaf Baitul Asyi

Dulu Pemerintah Orde Baru Pernah Gagal Saat Mau Ambil Alih Harta Wakaf Aceh di Mekkah, Ini Sebabnya

upaya itu tidak berhasil, sebab Arab Saudi berpegang kepada aturan fiqh dan syariat sangat ketat dan berpedoman kepada isi ikrar wakaf

Dulu Pemerintah Orde Baru Pernah Gagal Saat Mau Ambil Alih Harta Wakaf Aceh di Mekkah, Ini Sebabnya
Kolase Serambinews.com/ist
Elaf Al Mashaer dan Ramada, dua hotel yang berdiri di atas tanah wakaf ulama asal Aceh, Habib Bugak Al-Asyi, di dekat Masjidil Haram, Mekkah. 

Laporan Fikar W.Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Pemerintahan Orde Baru (Orba), pernah mengupayakan dan melobi Kerajaan Saudi Arabia agar harta wakaf Aceh dialihkan menjadi milik Pemerintah Indonesia.

Namun, upaya itu tidak berhasil, sebab Arab Saudi berpegang kepada aturan fiqh dan syariat sangat ketat dan berpedoman kepada isi ikrar wakaf.

Baca: Haji Uma Berharap Tanah Waqaf Rakyat Aceh Tetap Dikelola Pemerintah Arab Saudi

Baca: Peran Habib Bugak di Kerajaan Aceh

Muhammad Nazar saat menyampaikan sambutan pada acara Maulid Nabi Muhammad di Ciledug Tangerang, Banten, Minggu (28/1/2018).
Muhammad Nazar saat menyampaikan sambutan pada acara Maulid Nabi Muhammad di Ciledug Tangerang, Banten, Minggu (28/1/2018). (SERAMBINEWS.COM/FIKAR W EDA)

Usaha Pemerintahan Orba itu diungkapkan Wagub Senior Aceh, Muhammad Nazar, menyikapi rencana BPKH mengelola harga wakaf Aceh.

"Dulu Pemerintah Orba sudah mengupakayan hal yang sama. Tapi tak berhasil. Masa itu yang jadi Duta Besar RI Saudi Arabia Prof. Ismail Sunny," ujar Muhammad Nazar yang menjabat Wagub Aceh periode 2007-2012.

Baca: Komandan Al-Asyi Kecam Rencana Pemerintah Pusat Kelola Tanah Wakaf Aceh di Mekkah

Baca: BPKH Incar Wakaf Aceh di Mekah

Saat menjabat Wagub Aceh, Mauhammad Nazar berulangkali melakukan kunjungan ke Arab Saudi antara lain untuk mengurus wakaf Aceh tersebut.

Halaman
12
Penulis: Fikar W Eda
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help