Home »

Opini

Kupi Beungoh

Mau ke Masjidil Aqsa Sekarang, Bolehkah?

Insya Allah tahun ini, saya sudah memasang niat untuk berziarah ke Masjidil Aqsa, tapi dengan kondisi sekarang, perlukah saya ke sana?

Mau ke Masjidil Aqsa Sekarang, Bolehkah?
IST
Asrizal H Asnawi 

Oleh: Asrizal H Asnawi

MULAI 9 Juni 2018, Pemerintah Israel melarang kunjungan Warga Negara Indonesia (WNI).

Kebijakan ini disebut-sebut sebagai bentuk balasan atas sikap Indonesia yang melarang atau menolak kunjungan Warga Negara Israel.

Keputusan pemerintah Israel ini mendapatkan beragam tanggapan dari banyak pihak di Indonesia.

Selain sikap resmi pemerintah Indonesia, melalui Menlu dan Menkumham, beragam komentar juga datang dari kalangan pelaku pariwisata, terutama wisata religi.

Apa hubungannya konflik Palestina-Israel dengan pelaku wisata?

Ya, karena di wilayah Palestina, yang kini diklaim sebagai bagian dari Negara Zionis Israel, terdapat sejumlah situs bersejarah peninggalan para nabi.

Bukan hanya untuk Muslim dengan kompleks Masjidil Aqsa, di sana, terutama di Yerusalem, terdapat satu situs paling suci bagi umat Kristen yaitu Gereja Makam Kudus (Church of the Resurrection), selain Tembok Ratapan yang menjadi situs suci bagi umat Yahudi.

Khusus untuk muslim, Masjidil Aqsa adalah salah satu dari tiga masjid yang bernilai istimewa.

Dari Abu Darda’ dan Jabir Radhiyallahu 'Anhuma, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, bersabda: “Keutamaan shalat di Masjidil Haram adalah seratus ribu kali shalat atas masjid selainnya. Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) adalah seribu shalat. Sedangkan di masjid Baitil Maqdis (Masjid Aqsa) adalah 500 kali lipat.” (HR. Al-Baihaqi)

Halaman
1234
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help