Sejarah dan Perubahan SNMPTN dari Masa ke Masa, Anda Mengalami yang Mana?

Untuk masuk ke perguruan tinggi, setiap siswa lulusan SMA/SMK wajib mengikuti seleksi SNMPTN (Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Baru).

Sejarah dan Perubahan SNMPTN dari Masa ke Masa, Anda Mengalami yang Mana?
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
99 wisudawan/wisudati STIT Muhammadiyah Abdya dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda ke VI di Aula Sekolah Terpadu di Padang Meurantee, Desa Ujung Padang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, Sabtu (17/2/2018). 

SERAMBINEWS.COM- Masuk perguruan negeri populer adalah salah satu impian banyak orang setelah melewati masa-masa indah di sekolah menengah.

Untuk masuk ke perguruan tinggi, setiap siswa lulusan SMA/SMK wajib mengikuti seleksi SNMPTN (Seleksi Penerimaaan Mahasiswa Baru).

Merupakan salah satu gerbang, untuk mencapai impian berkuliah di perguruan tinggi negeri idaman, yang pelaksanaannya dilakukan serentak.

Bicara soal SNMPTN rupanya seleksi ini memiliki sejarah panjang, dan dahulu kala namanya bukanlah SNMPTN melainkan telah melewati banyak perubahan dan berganti nama hingga kini.

Baca: Dini Hari, Ribuan Warga Sambut UAS di Sibreh

Baca: Video - Penghitungan Suara di PPK Tuntas, Pekan Depan KIP Tetapkan Cawalkot Subulussalam Terpilih

Berikut inilah nama-nama dan perubahan SNMPTN yang terjadi setiap tahunnya bahkan hingga saat ini.

1. SKALU (Sekertariat Kerja sma antar Lima Universitas) 1976

Pada tahun 1976 adalah awal mula dan cikal bakal SNMPTN berdiri, di mana seleksi masuk perguruan tinggi saat itu bernama SKALU.

SKALU diadakan oleh lima perguruan tinggi favorit waktu itu dan diadakan secara serentak, beberapa perguruan tinggi yang melaksanakan SKALU antara lain :

Baca: Persiraja Target Empat Angka

Universitas Indonesia di Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, dan Universitas Airlangga di Surabaya.

Namun pada tahun 1977 SKALU berubah dan diperbaiki untuk memilih program studinya bukan hanya memilih perguruan tinggi yang ingin dimasukinya.

Halaman
1234
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved