Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Adakan Seminar Nasional BIOTIK

Tema yang diangkat yaitu "Pemanfaatan Riset Biodiversitas dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Karakter dan Lingkungan Menuju Revolusi 4.0".

Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Adakan Seminar Nasional BIOTIK

SERAMBINEWS.COM - Program Studi (prodi) Pendidikan Biologi (PBL) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry akan laksanakan Seminar Nasional tentang Biologi, Teknologi dan Kependidikan atau yang biasa disingkat BIOTIK VI 2018.

Seminar ini dilaksanakan 19 Juli 2018 bertempat di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry.

Tema yang diangkat yaitu "Pemanfaatan Riset Biodiversitas dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Karakter dan Lingkungan Menuju Revolusi 4.0".

Seminar BIOTIK merupakan seminar tahunan yang dilaksanakan prodi PBL yang melibatkan peneliti nasional-internasional, aktivis lingkungan, akademisi kampus dan guru.

Baca: Bertemu David Beckham 13 Tahun Silam, Siapa Sangka Harry Kane Juga Temukan Pasangan Hidupnya ini

Baca: Ini 7 Fakta tentang Fez, Simbol Modernisasi Turki Utsmani yang Pernah Diboikot

Ketua prodi PBL, Samsul Kamal mengatakan untuk seminar nasional BIOTIK tahun ini akan menghadirkan peneliti dari California State University USA, Rafaella Commitante, PhD, Universitas Putra Malaysia, Sumita Sugnaseelan, PhD dan dari Universitas Negeri Yogyakarta Dr. Slamet Suryanto, M.Ed selaku pembicara utama.

Sementara untuk sesi pemakalah paralel yang dibagi dalam beberapa kelas, diantaranya kelas hewan, tumbuhan, ekologi dan pendidikan akan diisi oleh peneliti, dosen, mahasiswa hingga guru.

“Setiap paper dari pemateri yang di presentasikan tersebut akan kita bukukan dalam Prosiding seminar nasional BIOTIK sebagai salah satu output-nya, sehingga dapat menunjang mutu prodi dan menambah referensi terkini khazanah keilmuan yang dapat dimanfaatkan oleh banyak kalangan” katanya.

Baca: Inilah Daftar Nama 30 Calon Anggota KIP Agara yang Lulus Ujian Tulis

Baca: LIRA Minta Penggunaan Dana Desa Sejalan dengan Program Bupati

Ia menambahkan, dengan seminar tersebut juga diharapkan dapat membantu mencetak lulusan yang bukan hanya menguasai ilmu akademik juga terampil memanfaatkan sumber daya alam melalui bioteknologi dan enterpreneurship dengan mengedepankan nilai-nilai imtaq.

“Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat setiap calon lulusan perlu menguasai imtek dan imtaq dengan baik, sehingga dapat survive menuju revolusi industri 4.0” harapnya agar calon lulusan meningkatkan kompetensinya.

Mulyadi selaku ketua panitia mengatakan dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan Orangutan Information Center (OIC), The Sumatran Orangutan Conservation Program (SOCP), Yayasan Ekosistem Lestari (YEL).

Selain tersebut, pihaknya juga berkoordinasi dengan Ikatan Alumni Prodi Pendidikan Biologi FTK (IKATBIORY) dan Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi (HMP-PBL).

Baca: Penjelasan Ilmiah tentang Ketindihan dan Cara Mengatasinya, Bukan Soal Mistis

Baca: MPU Aceh Mendidik 25 Remaja Aceh Jaya Menjadi Kader Ulama

Ia menjelaskan, pada sesi paralel seminar nasional mahasiswa prodi PBL juga akan mempresentasikan hasil praktikum lapangan yang telah dilakukan di Pulau Deudap, Aceh Besar.

Selain hal tersebut juga akan di pamerkan produk-produk bioteknologi karya mahasiswa.

“Kami mengundang peneliti, dosen, mahasiswa dan guru untuk berpartisipasi baik sebagai pemakalah maupun peserta” ujarnya.

Untuk pendaftaran online dan info lebih lanjut bisa menghubungi website www.semnasbiotik@ar-raniry.ac.id atau CP 08126909431. (*)

Baca: Pengemis Kelaparan yang Pandai Berbahasa Inggris Ini Ternyata Mantan Dosen, Ini Kisahnya!

Baca: Semi Final Piala Dunia 2018 Prancis Vs Belgia, Ini 5 Pemain Muda Paling Potensial Cetak Gol

Penulis: faisal
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help