PKA Ke 7 Tahun 2018

VIDEO - Lomba Musik Garapan Kreasi Aceh di PKA Ke-7, Ada Rapa’i, Seurune Kalee, dan Seruling

Rateb Suboh, karya perwakilan dari Pidie Jaya misalnya, dirangkai secara khusus untuk mengingatkan kembali musibah gempa bumi akhir 2016 lalu.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sebanyak 21 perwakilan kabupaten-kota menunjukkan kebolehannya pada even lomba musik garapan kreasi Aceh, Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7, yang berlangsung di komplek Taman Seni Budaya, Banda Aceh.

Peserta yang tampil umumnya menggabungkan suara Tabuhan Rapa’i dengan alat musik tradisional seperti Seurune Kalee dan Seruling.

Tak hanya menggunakan alat musik tradisional yang sudah umum ditemukan, beberapa peserta juga memakai barang bekas seperti botol air kemasan hingga bambu.

Diolah sedemikian rupa, alat-alat ini kemudian dimainkan hingga menjadikannya irama musik yang diinginkan.

Selain sebagai hiburan, peserta mengklaim ada pesan yang ikut disampaikan melalui karyanya ini.

Rateb Suboh, karya perwakilan dari Pidie Jaya misalnya, dirangkai secara khusus untuk mengingatkan kembali musibah gempa bumi akhir 2016 lalu.

(Baca: VIDEO - Lomba Suson Ranup di Pekan Kebudayaan Aceh Ke-7)

(Baca: Gulai Jruk Drien Nagan Tampil di PKA)

(Baca: Unik, Catur Manusia di PKA)

Sementara Evi Mayasari, Kepala Seksi Nilai Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, menyebut Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 lebih beragam dibanding sebelumnya.

Dengan melibatkan seribuan lebih pelaku seni dan budayawan, even empat tahunan ini diharapkan sekaligus menjadi momen regenerasi bagi insan seniman maupun budayawan Aceh.(*)

Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help