Salam

Dana PAUD Memang Jadi Sasaran Korupsi

Dana Bantuan Operasional Pengelolaan Pendidikan Usia Dini (BOP PAUD), kenyataannya di mana-mana

Dana PAUD Memang Jadi Sasaran Korupsi
saberpungli.id

Dana Bantuan Operasional Pengelolaan Pendidikan Usia Dini (BOP PAUD), kenyataannya di mana-mana memang menjadi sasaran korupsi dan penyunatan. Selain disunat, aliran dana itu kebanyakan juga tak mencapai sasaran, atau tidak dipakai untuk mengelola PAUD. Oleh karena itu, ketika ada oknum pejabat Dinas Pendidikan Aceh Utara dikabarkan tertangkap tangan memotong dana BOP PAUD, publik tidak terlalu kaget. Sebab, sebelumnya kasus penyunatan dana untuk membantu pendidikan anak usia dini itu sudah terungkap di banyak daerah. Dana itu disunat dengan berbagai modus serta jumlahnya juga bervariasi.

Makanya, dengan terungkap kasus di Aceh Utara ini hendaknya menjadi pelajaran bagi para pejabat terkait serta para pengelola PAUD. Oleh karena itu pula, kita setuju pada desakan LSM Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) yang meminta Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Aceh agar transparan dalam menangani kasus operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Utara terkait penyunatan dana PAUD. Bagi Tim Saber Pungli, kasus itu menjadi taruhan, artinya jika kasus itu kabur maka publik patut curiga.

“Kita mendukung penuh tindakan tim Saber Pungli Aceh melakukan tangkap tangan terhadap pejabat di Disdikbud Aceh Utara. Bahkan ini patut mendapat dukungan penuh dari publik, karena informasi adanya pengutipan atau setoran dari bawah ke atas sudah sering tersiar dan sudah menjadi pembicaraan publik, “ ujar Koordinator MaTA, Alfian.

Beberap hari lalu, Tim Saber Pungli menangkap tangan seorang kepala bidang di Dinas Dikbud Aceh Utara. Oknyum pejabat ini diduga melakukan pungli terhadap para Kepala PAUD. Tidak tanggung-tanggung, menurut kabar, dari Rp 30 juta dana yang dialokasikan untuk setiap PAUD, yang disunat mencapai Rp 12 juta.

Ya, kita berharap kasus di Aceh Utara bisa diproses secara transparan agar tak muncul kecurigaan macam-macam dari publik.

Yang menjadi penting kita sorot adalah tentang penyu8natan atau korupsi dana PAUD tidak hanya terjadi di Aceh Utara, tapi di mana-mana di seluruh Indonesia. Dan, bukan baru tahun ini, tapi sudah terjadi bertahun-tahun sebelumnya. Ini harus menjadi perhatian serius mengingat dana BOP PAUD yang digelontorkan lewat APBN setiap tahun mencapai sekitar Rp 5 triliun. Jika 20 persen saja disunat atau diselewengkan, maka angkanya sudah mencapai triliunan rupiah.

Maka, perlu ada pengawasan dari berbagai pihak, terutama yang terpenting adalah partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan di luar sekolah. Nah!?

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved