Mualem Berhentikan Muharuddin dari Ketua DPRA, Ini Penggantinya

Surat itu ditandatangani oleh Ketua DPA-PA, Muzakir Manaf (Mualem) dan dan Sekretaris Jenderal PA Kamaruddin Abubakar (Abu Razak).

Mualem Berhentikan Muharuddin dari Ketua DPRA, Ini Penggantinya
For Serambinews.com
TGK Sulaiman (tengah) menyerahkan SK pengangkatan dirinya sebagai Ketua DPRA kepada Fraksi PA DPRA yang diterima oleh Ketua dan Sekretaris, Iskandar Usman Al-Farlaky (kanan) dan Azhari Cagee (kiri). 

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Setelah didesak cukup lama, Partai Aceh (PA) akhirnya memberhentikan Tgk Muharuddin dari jabatan Ketua DPRA.

Usulan pergantian itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) bernomor 0063/DPA-PA/X/2018 tertanggal 2 Oktober 2018.

Surat itu ditandatangani oleh Ketua DPA-PA, Muzakir Manaf (Mualem) dan dan Sekretaris Jenderal PA Kamaruddin Abubakar (Abu Razak).

Surat Keputusan (SK) bernomor 0063/DPA-PA/X/2018 tertanggal 2 Oktober 2018 yang mengusulkan penggantian Ketua DPR Aceh dari Tgk Muharuddin kepada Tgk Sulaiman. Surat itu ditandatangani oleh Ketua DPA-PA, Muzakir Manaf (Mualem) dan dan Sekretaris Jenderal PA Kamaruddin Abubakar (Abu Razak).
Surat Keputusan (SK) bernomor 0063/DPA-PA/X/2018 tertanggal 2 Oktober 2018 yang mengusulkan penggantian Ketua DPR Aceh dari Tgk Muharuddin kepada Tgk Sulaiman. Surat itu ditandatangani oleh Ketua DPA-PA, Muzakir Manaf (Mualem) dan dan Sekretaris Jenderal PA Kamaruddin Abubakar (Abu Razak). ()

Sebagai gantinya, PA menunjuk Tgk Sulaiman, yang juga berasal dari daerah pemilihan (dapil) V.

"Surat keputusan penetapan ini diserahkan kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk dapat dilaksanakan sebagaimana amanat putusan Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh serta sesuai dengan AD ART yang berlaku," bunyi salah satu keputusan SK tersebut.

Informasi yang diperoleh Serambinews.com, surat keputusan pergantian dan pengangkatan Ketua DPRA itu telah diserahkan oleh Partai Aceh kepada DPRA, Senin (29/10/2018).

(Terkait Jabatan Ketua DPRA, Muharuddin Serahkan ke Partai)

(Muharuddin Tuding Gubernur Munafik, Ini Kata Aryos Nivada)

Surat diserahkan oleh Tgk Sulaiman kepada Fraksi PA DPRA yang diterima oleh Ketua dan Sekretaris, Iskandar Usman Al-Farlaky dan Azhari Cagee.

Usulan pergantian Ketua DPRA ini sebenarnya sudah mencuat cukup lama.

Usulan agar Muharuddin diganti awalnya disampaikan oleh Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW PA) Aceh Utara melalui surat yang ditandatangani Ketua DPW PA Aceh Utara, Tgk H Zulkarnaini Bin Hamzah alias Tgk Ni, dan Sekretaris DPW Yusra, tanggal 9 November 2017.

"Usulan pergantian ini tidak ada hubungan dengan hal yang lain. Tapi ini memang harus diganti untuk penyegaran, karena (Tgk Muharuddin) sudah menjabat lebih dari 2,5 tahun. Artinya sudah seharusnya diganti, seperti di DPRK kabupaten/kota yang lain,” kata Tgk Ni ketika itu.

Baca: PA Aceh Utara Usul Ganti Ketua DPRA

Tak lama, usulan pergantian juga disampaikan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh (DPA-PA) yang juga mantan Panglima Wilayah Meulaboh, Jauhari.

Baca: Maju Lewat Parnas, Ketua DPRA Sebaiknya Diganti

Ia menilai menilai pergantian itu perlu dilakukan karena Muharuddin mencalonkan diri sebagai Anggota DPR-RI melalui partai NasDem.

"Tidak elok kursi ketua DPRA masih dijabat beliau yang kini pegang dua keanggotaan partai,” kata Jauhari kepada Serambinews.com, Selasa 27 Juli 2017.(*)

(Kenapa Muharuddin? Ini Jawaban Mualem)

Penulis: Yocerizal
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved