Banyak CPNS di Aceh tak Lulus CAT, Ombudsman Minta Gubernur dan DPRA Lakukan Ini

Salah satu pertimbangan Ombudsman, karena Aceh merupakan salah satu daerah khusus

Banyak CPNS di Aceh tak Lulus CAT, Ombudsman Minta Gubernur dan DPRA Lakukan Ini
Kolase Serambinews.com
Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husin 

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ombudsman Perwakilan Aceh meminta Gubernur dan DPRA agar melakukan koordinasi dengan Kemenpan-RB, mengusulkan sistem downg rade kepada seluruh peserta Computer Asisten Test (CAT) di Aceh.

Permintaan tersebut disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husin, dalam suratnya kepada Gubernur Aceh dan DPRA, tertanggal 13 November 2018.

Baca: Peserta Ujian CAT SKD Minim yang Lulus, Ini Tanggapan Kepala BKN Aceh

Baca: Pernah Dilempar Pakai Uang, Guru Mengaji Tanpa Dua Tangan Ini Buat Hal Menakjubkan, Ini Kisahnya

"Sehubungan dengan rendahnya tingkat kelulusan peserta Computer Asisten Test (CAT) tahun 2018 di Indonesia khusunya Provinsi Aceh, maka kami menyarankan kepada Bapak agar melakukan koordinasi dengan Kemenpan-RB RI untuk dapat diusulkan sistem downg rade kepada seluruh peserta di Aceh," bunyi surat tersebut sebagaimana salinan yang diperoleh Serambinews.com, Rabu (14/11/2018).

Salah satu pertimbangan Ombudsman, karena Aceh merupakan salah satu daerah khusus.

Baca: 21,7 Ribu Peserta Ikut Tes CPNS Kemenag Aceh, Hanya 119 Peserta Lulus TKD

Baca: Polsek Banda Sakti Lhokseumawe Layani Pembuatan SKCK Gratis Tiap Jumat, Begini Caranya

Sebagaimana diatur dalam pasal 132 Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), menyebutkan bahwa: Kebijakan dan manajemen ASN yang diatur di dalam undang undang ini dilaksanakan dengan memperhatikan kekhususan daerah tertentu dan warga negara dengan berkebutuhan khusus.

"Oleh karena demikian kami berharap untuk Pemerintah Aceh dapat diberlakukan sistem down grade dan mengutamakan putra/putri daerah untuk penempatan di Aceh, baik di instansi vertikal maupun pemerintah daerah. Apalagi mengingat minimnya lapangan kerja di Aceh saat ini," demikian bunyi bagian penutup dari surat Ombudsman tersebut.

Sebelumnya Kepala Kantor Regional XIII, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Aceh, Makmur Ibrahim SH MHum, menanggapi minimnya peserta calon CPNS yang lulus ujian CAT SKD tahun 2018.

Baca: Setelah OTT Irwandi Yusuf, Besok Pimpinan KPK Kembali Lagi ke Aceh, Ada Apa?

Baca: KIP Hadapi Masalah, Rapat Pleno Daftar Pemilih Aceh Ditunda, Ini Penyebabnya

“Hasilnya memang kurang (peserta yang lulus). Saya sudah keliling seluruh Aceh dan hasilnya belum banyak peserta yang memenuhi passing grade. Jadi bagaimana kebijakan lanjutannya, kita tunggu saja,” ungkap  Makmur Ibrahim, seraya menyebutkan, ketentuan nilai ambang batas (passing grade)  ujian SKD ini diatur oleh Permen PAN-RB.

Saat ditanya, jika kuota CPNS yang dibutuhkan masing-masing Pemkab/kota di Aceh tidak terpenuhi seperti apa sikap Pemerintah?

“Mungkin nanti ada solusi alternatif dari Menpan. Pasti nanti Menpan akan memanggil kita. Karena bukan hanya di Aceh, tapi di luar Aceh juga banyak peserta tidak mampu menempuh passing grade,” ungkap Makmur.

Baca: CPNS 2018 - Nasib Peserta Tak Lolos SKD Diumum 18 November, Keputusan Diambil dari 4 Opsi Panselnas

Baca: Pilot Amerika Serikat Tewas Ditikam Seorang Wanita di Jepang, Polisi Tahan Pelaku

“Kejadian serupa bukan hanya di Aceh tapi juga secara nasional. Ini ibarat kita mencari mutiara dulu lah. Kalau tidak ada mutiara maka kita cari emas 99 (emas London), atau emas 24, 22. Tapi seperti apa nantinya, itu kewenangan pemerintah,” tutupnya.

Kepala BKPSDM Aceh Timur, Irfan Kamal mengatakan, hingga hari ketiga pelaksanaan ujian CAT SKD di Aula IAIN Cot Kala Langsa, dari sekitar 1.000 orang yang telah ikut ujian hanya 11 peserta yang lulus.

“Hari pertama 4 peserta yang lulus. Hari kedua 4 peserta, dan hari ketiga 3 orang, jadi total 11 orang yang telah lulus ujian dari 1.000 peserta yang sudah ujian CAT,” jelas Irfan Kamal.

Baca: Sosok Fadel Islami yang Jatuh Cinta Pada Muzdalifah, Bukan Orang Sembarangan Ingin Jadi Aktor

Baca: 16 Nelayan Aceh Loncat ke Laut Saat Disergap Tentara Myanmar, 1 Meninggal dan Dikubur di Kawthaung

Irfan mengatakan, ujian CAT sudah berjalan 25 %, karena sudah diikuti sekitar 1.000 dari dari 4.324 peserta yang lulus seleksi administrasi di Aceh Timur. (*)

Penulis: Yocerizal
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved