Ingin Mengurus Paspor di Imigrasi Banda Aceh, Ini Syarat yang Harus Dilampirkan

Pihak Imigrasi mengakui, sebagian dari warga yang mengurus paspor hanya untuk kebutuhan transit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Ingin Mengurus Paspor di Imigrasi Banda Aceh, Ini Syarat yang Harus Dilampirkan
rd.com
Paspor 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Jumlah warga yang mengajukan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas IIA Banda Aceh sejak dua bulan terakhir meningkat.

Pihak Imigrasi mengakui, sebagian dari warga yang mengurus paspor hanya untuk kebutuhan transit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Hal itu karena melonjaknya harga tiket dalam negeri sejak beberapa bulan terakhir.

Baca: Aceh Ajukan Skema Tarif ke Presiden Soal Mahalnya Harga Tiket Pesawat untuk Keberangkatan Domestik

Baca: Julian Castro, Mantan Menteri Perumahan Era Obama Maju sebagai Calon Presiden Amerika Serikat

Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas IIA Banda Aceh, Irawan melalui Kasi Lalu Lintas Keimigrasian, Muhammad Hatta kepada Serambinews.com, Sabtu (12/1) mengatakan, pihaknya belum bisa memprediksi hingga kapan meningkatnya pengurusan paspor itu berlangsung.

Namun, kata Hatta, saat ini untuk mengurus paspor, warga dapat melakukan dengan mengambil antrean manual di Kantor Imigrasi dan antrean online melalui website antrian di imigrasi.go.id/layananbeta.

Paspor akan selesai dalam waktu tiga hari setelah pembayaran di bank/kantor pos.

Persyaratan bagi warga yang ingin mengurus paspor yaitu melampirkan, KTP, kartu keluarga, dan akte kelahiran/ijazah/surat nikah, baik asli maupun yang foto kopi.

Sedangkan bagi yang ingin mengurus paspor anak di bawah umur harus melampirkan KTP kedua orang tua, KK, akte kelahiran, buku nikah orang tua, paspor orang tua, dan surat pernyataan orang tua.

“Sedangkan bagi yang ingin mengganti paspor atau perpanjangan cukup melampirkan KTP dan paspor yang lama, karena datanya sudah ada. Namun baik urus baru atau perpanjangan biayanya tetap Rp 355 ribu yang dibayar melalui bank atau kantor pos,” ujar Hatta.(*)

Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved