Selama Ini Jadi Sarang Maksiat, HMI Blangpidie Desak Pemkab Abdya Manfaatkan Pendapa Baru

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Blangpidie, desak Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) segera manfaatkan gedung pendapa baru.

Selama Ini Jadi Sarang Maksiat, HMI Blangpidie Desak Pemkab Abdya Manfaatkan Pendapa Baru
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Pendapa Bupati Abdya berdiri megah di dekat aliran Sungai (Krueng) Beukah di Gampong Lhueng Tarok, Blangpidie, diresmikan awal Juli 2017 lalu, namun belum dimanfaatkan hingga memasuki Februari 2019 ini. Gedung menyerapkan anggaran Rp 24,7 miliar sumber APBK 2015 dan 2016 itu mulai terjadi kerusakan, selain dugaan sering digunakan pihak tidak bertanggungjawab sebagi lapak maksiat. Foto direkam, Kamis (7/2/2019) 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya 

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Blangpidie, desak Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) segera manfaatkan gedung pendapa baru lokasi dekat aliran Krueng Beukah, Gampong Lhueng Tarok.

Ketua Umum HMI Cabang Blangpidie, Mursalin kepada Serambinews.com, Senin (11/2/2019) mengaku sangat prihatin melihat kondisi bangunan pendapa baru yang pembangunannya menghabiskan anggaran mencapai Rp 24,7 miliar sumber APBK Abdya 2015 dan 2016.

Sebab, setelah diresmikan oleh bupati sebelumnya pada 6 Juli 2017 lalu ternyata tidak kunjung dimanfaatkan hingga Februari 2019 ini.

Dengan difungsikan gedung pendapa baru tersebut, menurut Mursalin, bangunan ukuran besar tersebut bisa lebih terjaga dan terawat.

“Tidak seperti kondisi sekarang ini menjadi tempat singgah ternak sapi, kerbau dan kambing, bahkan diduga keras menjadi lokasi perbuatan maksiat,” katanya.

Bangunan pendapa yang dibangun bak istana raja, namun dibiarkan mubazir kurun waktu lebih satu tahun terakhir.

Pasalnya, bangunan megah di lokasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Beukah itu jauh dari pemukiman warga dan tidak ada penjaga. 

Selain itu, area pendapa baru dengan luas lahan sekitar 4 hektare dan luas bangunan mencapai 4.425 meter persegi itu juga belum dilengkapi pagar pengaman secara menyeluruh.

Baca: Habiskan Dana Rp 24,7 Miliar, Pendapa Bupati Abdya Mulai Bocor dan Diduga Jadi Lapak Maksiat

Baca: Pendopo Bupati Aceh Barat Dijadikan Tempat Transaksi Narkoba, Satu Pelaku Ditangkap  

Baca: Mantan Bupati Tinggalkan Pendopo

Sebab, halaman depan masih dalam kondisi terbuka  sehingga ternak bebas keluar masuk dalam area, malahan ternak singgah di atas teras pendapa.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved