Ada Cacing Mati di Sarden dan Makerel, Malaysia Tarik Dua Produk Ikan Kaleng asal China

Kemenkes Malaysia menemukan cacing pada produk ikan dalam kemasan kaleng merek TL Tan Lung yang diproduksi oleh Fujian Tyongfa.

KOMPAS.COM
Kolase foto sarden kaleng asal China dan cacing mati yang ditemukan produk tersebut 

SERAMBINEWS.COM - Kementerian Kesehatan Malaysia dilaporkan menarik dua produk sarden dan makerel kaleng asal China yang beredar di pasaran mereka, Kamis (19/4/2018).

Kedua produk sarden dan makerel kaleng asal China itu ditarik dari pasaran setelah ditemukan adanya cacing mati pada kedua merek tersebut.

Dilansir Serambinews.com dari Kompas.com, Kemenkes Malaysia menemukan cacing pada produk ikan dalam kemasan kaleng merek TL Tan Lung yang diproduksi oleh Fujian Tyongfa.

Selain itu, Sarden TLC Saus Tomat yang dikeluarkan perusahaan Dongshan Dongyi Foods, juga positif terkontaminasi dengan nematoda, sejenis cacing.

(Baca: Ini 27 Merek Produk Sarden yang Positif Mengandung Cacing Parasit, Sebagian Masih Mejeng di Swalayan)

(Baca: Ini Penjelasan Resmi BPOM Terkait Penarikan 27 Merk Sarden Makarel yang Mengandung Parasit Cacing)

(Baca: Soal Cacing di Kaleng Sarden, Menkes Sebut Mengandung Protein dan Tidak Membawa Efek Bahaya)

Sebelumnya, unggahan di media sosial menunjukkan produk ikan dalam kemasan kaleng impor itu dicurigai mengandung cacing.

"Tindakan telah diambil oleh kementerian dan para importir yang terlibat diperintahkan untuk menarik kembali produk tersebut," tulis Kemenkes Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Kementerian akan terus memantau peredaran sarden dan makerel kaleng impor di semua toko dan supermarket di seluruh negara.

Halaman
12
Editor: Safriadi Syahbuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved