Breaking News:

Walau Berukuran Sangat Kecil, Tardigrada Jadi Hewan Superkuat yang Tak Mempan oleh Paparan Nuklir

Meskipun Anda tidak bisa melihat keberadaan hewan itu di atas piring, bukan berarti lumpur sungai itu tidak mengandung tardigrada.

Editor: Fatimah
Intisari online
Tardigrada 

SERAMBINEWS.COM - Ukuran hewan ini superkecil, hanya sekitar 0,5 mm. Tapi daya tahan tubuhnya terhadap panas dan dingin sungguh menakjubkan. la bisa bertahan hidup meskipun dibekukan pada suhu -200 °C maupun dipanaskan pada suhu 150 °C. Pantas jika ia juga dijuiuki superkuat.

Sebagian besar hewan, termasuk manusia, tentu akan segera mendapat gelar almarhum jika berada dalam kondisi suhu ekstrem. Pada suhu -200 °C, cairan tubuh dan darah akan membeku.  Sistem biologis pun akan berhenti.

Begitu juga saat tubuh dipanaskan. Pada suhu di atas 150 °C, tubuh akan matang, protein di dalam sel-sel tubuh akan rusak.

Tapi itu semua tidak akan terjadi pada hewan bernama tardigrada ini. Ia tidak mati walaupun direbus, tak juga tewas meski dibekukan jadi es.

Baca: Hasil Lengkap Semifinal & Jadwal Final Indonesia Open 2018 - Ini Lawan Owi/Butet dan Marcus/Kevin

Melihat daya tahannya terhadap suhu ekstrem, kita mungkin akan merasa takut dengan hewan ini. Jangan-jangan ia makhluk asing yang berasal dari planet lain.

Tenang saja, tardigrada bukan hewan yang perlu ditakuti. Ia bisa dijumpai di sekitar kita kok.

Mirip beruang

Ukuran tardigrada sangat kecil, antara 0,1 - 1,5 mm. Rata-rata panjang tubuhnya hanya sekitar 0,5 mm. Karena ukurannya yang supermini tersebut, kita akan mengalami kesulitan melihat hewan ini  dengan mata telanjang. Jika ia berada di pasir, kita sudah pasti tidak akan bisa membedakannya dengan butiran pasir.

Baca: Majelis BAN-PT Sosisalisasikan SPME untuk 110 PTS di Aceh

Dalam bahasa Inggris, hewan ini disebut "water bear" alias beruang air. Dinamai demikian karena bentuknya memang mirip beruang dan habitatnya di dalam air. Bukan hanya air tawar, tapi juga air asin.

Nama tardigrada berasal dari kata tardos yang artinya pejalan dan grados yang berarti lambat. Ya, perilakunya memang pemalas, ogah bergerak. Jika berjalan pun amat sangat lamban.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved