Gempa Lombok

Forum PRB Aceh Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok, Buka Posko di Arena PKA

Posko penggalangan dana kemanusiaan tersebut dibuka dengan memanfaatkan even PKA ke-7 yang sedang berlangsung di Banda Aceh.

Forum PRB Aceh Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok, Buka Posko di Arena PKA
SERAMBINEWS.COM/MISRAN ASRI
Seorang ibu memandu anaknya memasukkan uang ke kotak untuk korban gempa Lombok yang digalang oleh Forum PRB Aceh di gerbang utama arena PKA Ke-7 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Rabu (8/8/2018). 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Gempa 7 SR yang mengguncang Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah memantik aksi solidaritas dari masyakat Indonesia bahkan dunia untuk mengurkan bantuan.

Di Aceh, Plt Gubernur Nova Iriansyah langsung menyerukan agar instansi/lembaga pemerintahan, dunia usaha, dan masyarakat menggalang bantuan kemanusiaan untuk meringankan peneritaan yang sedang dihadapi korban gempa NTB.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Nasir Nurdin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, Teuku Ahmad Dadek untuk menindaklanjuti seruan Plt Gubernur Aceh.

Menurut Nasir, tindak lanjut koordinasi dengan Kalak BPBA disepakati membuka ‘Posko Bersama Aceh Peduli Lombok’ yang dikoordinir oleh Forum PRB Aceh.

(Baca: Rombongan Aparat Desa Baktiya ‘Terjebak’ Gempa di Lombok)

(Baca: 2 Hari Terkubur Reruntuhan Bangunan Masjid Akibat Gempa di Lombok, Jamaah Shalat Isya Ini Selamat)

Posko penggalangan dana kemanusiaan tersebut dibuka dengan memanfaatkan even PKA ke-7 yang sedang berlangsung di Banda Aceh.

Salah satu titik posko dibuka di gerbang utama arena PKA Taman Sulthanah Safiatuddin sejak 7 Agustus atau hari kedua PKA.

“Kita juga merencanakan membuka satu posko lagi di arena Expo PKA ke-7 lapangan Blangpadang,” kata Nasir.

Dijelaskannya, aksi kemanusiaan yang dikoordinir oleh Forum PRB Aceh tersebut merupakan bagian dari penggalangan dana untuk NTB oleh Pemerintah Aceh melalui BPBA.

(Baca: Pemerintah Aceh Galang Dana Untuk Korban Gempa Lombok, Sudah Terkumpul Rp 300 Juta)

Antusias

Pantauan Serambinews.com di ‘Posko Bersama Aceh Peduli Lombok’ yang berada tepat di gerbang utama arena PKA ke-7 Taman Sulthanah Safiatuddin terlihat masyarakat begitu antusias mengulurkan bantuan dengan cara memasukkan uang ke kotak yang telah disediakan. Pasko dibuka sejak sore hingga berakhirnya kegiatan malam.

Sekretaris Forum PRB Aceh, Hasan Bangka didampingi penanggungjawab posko, M Dedy Jumady mengatakan, hingga hari kedua, Rabu (8/8/2018) jumlah dana yang terkumpul mencapai Rp 5.679.500,-

“Yang menyumbang bukan hanya orang tua tetapi tak sedikit pula remaja bahkan anak-anak yang secara khusus membuka celengan untuk membantu korban bencana di NTB,” kata Hasan dibenarkan rekannya, Dedy dan Aidil Syahputra yang juga Pengurus Forum PRB Aceh.(*)

(Baca: VIDEO - TGB Menangis saat Kunjungi Lokasi Gempa, Lombok Utara Wilayah Paling Parah)

 

Penulis: Misran Asri
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved