Pileg 2019

Panwaslih Perintahkan KIP Tetapkan Tgk Abdul Manan Calon Terpilih DPRK Pidie

Panwaslih Pidie memerintahkan termohon (KIP) untuk menetapkan Tgk H Abdul Manan sebagai caleg terpilih DPRK Pidie pemilu 2019.

Panwaslih Perintahkan KIP Tetapkan Tgk Abdul Manan Calon Terpilih DPRK Pidie
SERAMBINEWS.COM/ MUHAMMAD NAZAR
Panwaslih Pidie menggelar sengketa proses pemilu dengan agenda membacakan putusan di kantor Panwaslih setempat, Jumat (9/8/2019). 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Pidie memerintahkan termohon (KIP) untuk menetapkan Tgk H Abdul Manan sebagai caleg terpilih DPRK Pidie pemilu 2019.

Hal itu tertuang dalam sidang sengketa proses pemilu yang dibacakan Ketua Panwaslih Pidie, Junaidi SH, di kantor Panwaslih setempat, Jumat (9/8/2019).

Sidang dengan agenda membacakan putusan dihadiri dua komisioner KIP Pidie, Kuasa Hukum PDA Pidie, Muzakar SHi dan sejumlah pengunjung.

"Termohon harus menetapkan Tgk H Abdul Manan caleg terpilih DPRK Pidie paling lama tiga hari sejak putusan itu dibacakan," sebut Ketua Panwaslih Pidie, Junaidi, saat membacakan putusan di Kantor Panwaslih Pidie, Jumat (9/8/2019).

Berita terkait lainnya 

Baca: Caleg Terpilih PDA Diganti, KIP Pidie akan Dilaporkan ke DKPP

Baca: Ketua FKMBSA: Usut Tuntas Pembakar Mobil Caleg PDA

Baca: PDA Tolak Penetapan Kursi Caleg DPRK Terpilih, KIP Pidie Nilai Panwaslih Memihak

Baca: Proses Mediasi Sengketa Hasil Pemilu Gagal Capai Kesepakatan, Panwaslih Pidie Gelar Sidang Ajudikasi

Ia menyebutkan, putusan tersebut tertuang dalam Nomor 721/PF.01.9-BA/KIP-KAB/VII/2019.

Kecuali itu, Panwaslih memerintahkan termohon berita acara KIP Nomor 723/PF.01.9-BA/1107/KIP-KAB/VII/2019 tentang penetapan perolehan kursi parlok calon terpilih anggota DPRK Pidie pada pemilu 2019.

Untuk diketahui sidang sengketa proses pemilu digelar setelah caleg PDA, Tgk Abdul Manan, dicoret dari penetapan 40 caleg terpilih DPRK Pidie hasil pemilu 2019 yang telah dilaksanakan KIP Pidie.

Tgk Abdul Manan dicoret karena yang bersangkutan menerima honor dari pemerintah sebagai anggota Forum Kerukunan Umma Beragama (FKUB) di Kesbangpol Pidie.

Tgk Abdul Manan dinilai KIP tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai caleg terpilih karena tidak mengundurkan diri dari FKUB. (*)

Penulis: Muhammad Nazar
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved