Breaking News:

Berita Aceh Barat

Pelabuhan Samatiga Diusulkan Bangun Breakwater, Dishub Aceh Lakukan Kajian Amdal

Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh melakukan kajian publik studi analisis dampak lingkungan (Amdal) pembangunan breakwater (penahan ombak)..

Penulis: Rizwan | Editor: Yusmadi
For Serambinews.com
Pertemuan kajian amdal pembangunan breakwater Pelabuhan Samatiga berlangsung di aula Camat Samatiga, Rabu (4/9/2019). 
 
Laporan Rizwan | Meulaboh
SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh melakukan kajian publik studi analisis dampak lingkungan (Amdal) pembangunan breakwater (penahan ombak) untuk Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh di Samatiga, Aceh Barat.
Kegiatan kajian publik berlangsung di aula Kantor Camat Samatiga, Aceh Barat, Rabu (4/9/2019).
Kajian amdal dari Dishub Aceh dihadiri Meri, sedangkan dari Aceh Barat dihadiri Asisten II Setdakab, Marhaban, Sekdis Perhubungan, Zuhariansyah, Kadis Lingkungan Hidup Mulyadi, Kepala UPTD Pelabuhan, Romi Masri dan Muspika Samatiga serta pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kesehatan.
Selain dari kalangan pemerintah, peserta juga hadir dari warga Desa Kuala Bubon, Gampong Tengoh, Lhok Bubun dan Suak Timah serta lembaga panglima laot setempat.
Kadis Perhubungan Aceh Barat, Tarfin kepada Serambinews.com mengatakan, kajian publik amdal ini untuk melahirkan amdal ke depanya.
Amdal tersebut dalam rangka membangun breakwater di Pelabuhan Samatiga sehingga ke depan untuk memudahkan kapal bersandar di pelabuhan tersebut.
Seperti pernah diberitakan, kapal Teluk Sinabang sudah beberapa kali gagal sandar di Pelabuhan Samatiga, Aceh Barat karena alun laut di depan dermaga yang besar.
Solusi terkait hal itu antara lain butuh membangun breakwater di pelabuhan dibangun pastsunami silam serta operasional rute Meulaboh-Sinabang dibuka perdana Agustus 2016 silam.
Selama bila gagal sandar, kapal harus dialihkan ke Pelabuhan Labuhan Haji, Aceh Selatan. (*)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved