Berita Aceh Besar

DKPP Berhentikan Ketua KIP dan Panwaslih Aceh Besar, Ini Kasusnya

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI menjatuhkan sanksi kepada Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar, Cut Agus Fathillah...

DKPP Berhentikan Ketua KIP dan Panwaslih Aceh Besar, Ini Kasusnya
Logo KIP

DKPP Berhentikan Ketua KIP dan Panwaslih Aceh Besar, Ini Kasusnya

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI menjatuhkan sanksi kepada Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar, Cut Agus Fathillah dan Ketua Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Aceh Besar, Adinirwan berupa pemberhentian tetap dari jabatannya.

Putusan itu disampaikan dalam sidang kode etik di Gedung DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

Putusan terhadap Cut Agus dan Adinirwan disampaikan dalam dua sidang terpisah. Sidang keduanya itu sama-sama dipimpin oleh Harjono selaku ketua merangkap anggota majelis pemeriksa dibantu, Alfitra Salam, Teguh Prasetyo, Muhammad, dan Ida Budhiati, masing-masing sebagai anggota majelis pemeriksa.

DKPP memberhentikan Cut Agus setelah memeriksa aduan dari Ketua DPW Partai Aceh Aceh Besar, Saifuddin Yahya yang disampaikan melalui kuasa hukumnya, Fadjri SH, Hermanto SH, dan Murtadha SH.

Dalam aduan itu, Pengadu juga melaporkan empat komisioner KIP setempat yaitu, Agus Samsidi, Junaidi, Miswar, dan Muhammad Hayat.

Dua Anggota ISIS asal Inggris Ini Dijuluki The Beatles, Penahanan Keduanya Dipindahkan dari Suriah

Gagal Bentuk Fraksi Gabungan di DPRA, NasDem Gabung ke Fraksi PPP

Pemuda Barat Selatan Aceh Dilatih Ilmu Videografi  

Sedangkan aduan terhadap Ketua Panwaslih Aceh Besar, Adinirwan dilaporkan oleh Ketua PPK Peukan Bada, M Nur Abd Muthalib, Ketua PPK Montasik, Pria Rizki, dan Ketua PPK Darussalam, Ridhwan.

Dalam aduan itu juga dilaporkan dua anggota Panwaslih setempat yaitu Nurhidayati dan Marhami.

Ketua dan Anggota KIP Aceh Besar itu dilaporkan ke DKPP karena diduga sudah melakukan pelanggaran kode etik. Ada beberapa kasus yang diadukan, diantaranya, sudah terjadinya ketidaksesuaian jumlah pemilih/penggelembungan suara sebanyak 273.530 suara di Aceh Besar.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved