Pemko Banda Aceh Jajaki Kerja Sama Bidang Peternakan Sapi ke Australia

"Dimana harga daging pada hari-hari tertentu tersebut sangat tinggi, yaitu berkisar antara Rp 130.000 sampai Rp 160.000 per kilogram..."

AFP
ILUSTRASI Sapi Australia. 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh melalui Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Banda Aceh menjajaki kerja sama dengan Arkaba Cattle Farm Australia dalam bidang peternakan sapi, di sela kunjungannya ke Perth baru-baru ini.

Kerja sama itu dilakukan untuk mengatasi kebutuhan daging sapi di Banda Aceh yang setiap tahunnya cenderung meningkat.

Terutama pada hari-hari tertentu seperti meugang Idul Fitri dan Idul Adha serta perayaan maulid.

"Dimana harga daging pada hari-hari tertentu tersebut sangat tinggi, yaitu berkisar antara Rp 130.000 sampai Rp 160.000 per kilogram.

Kepsek dan Wakilnya Digerebek di Hotel di Banda Aceh, Suami Curhat di Halaman Facebook Istrinya

Kenaikan ini bisa saja terjadi karena kurangnya pasokan daging sapi di pasar.

Hal ini tentu sangat memberatkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan terutama daging segar," kata Kepala Dinas Pagan Pertanian Kelautan dan Perikanan Banda Aceh, Ir Zulkifli Syahbuddin MM dalam keterangan tertulis yang diterima Serambinews.com, Selasa (29/10/2019).

Dalam mengatasi hal tersebut, Pemko berusaha mencari solusi berupa kerja sama dengan Arkana Cattle Farm yang merupakan salah satu peternakan terbesar yang berada di Distric Albany.

Arkaba Cattle Farm mempunyai lahan untuk peternakan kambing atau biri-biri seluas 10.000 hektar dengan jumlah populasi kambing mencapai 260 ribu ekor.

Azhari Cagee Minta Pemerintah Pusat Bebaskan Irwandi Yusuf, Ini Alasannya

Begitu juga dengan lahan peternakan sapi berkisar 15.000 hektar dengan ribuan jumlah ekor sapi yang beratnya mencapai 400 kilogram sampai 1,5 ton per ekor.

Pada pertemuan itu Pemilik Cattle Farm, Mr J Stuart Tohld mengaku senang dengan kedatangan delegasi Pemko Banda Aceh ke Cattle Farm untuk menjajaki kemungkinan kerja sama serta investasi di Aceh.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman SE Ak MM yang juga sedang berada di Perth sangat mendukung langkah kerja sama ini dalam rangka mengatasi kurangnya suplai daging, sehingga dapat menekan harga daging yang selama ini sangat tinggi.

"Di Australia harga daging sapi rata-rata Rp 30.000 per kilogram. Tentu kita terus berusaha agar persoalan kekurangan daging sapi dan kemahalan tersebut dapat teratasi, seyogianya kita harus dapat menekan harga menjadi antara Rp 90.000 sampai 100.000 per kilogram," demikian Aminullah Usman. (*)

Pria Berparang Tebas Kaca Rumah Orang Tua Keuchik Trieng Pantang Aceh Utara

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved