Breaking News:

15 Tahun Tsunami Aceh

Masyarakat ‘Serbu’ Pojok PRB di Arena Peringatan 15 Tahun Tsunami, Ini Tanggapan Forum PRB Aceh

Menurut Muslem, tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan terkait kebencanaan menjadi nilai positif di tengah up

SERAMBINEWS.COM/NASIR NURDIN
Foto kolase suasana Pojok PRB pada Peringatan 15 Tahun Tsunami di Pidie Convention Center di Sigli, Kamis (26/12/2019) dan Wakil Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Dr Muslem Daud M. Ed. 

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - ‘Pojok PRB’ yang dibuka oleh Forum PRB Aceh bersama BPBA dan Panitia Peringatan 15 Tahun Tsunami di Pidie Convention Center di Sigli, Kamis (26/12/2019) diserbu oleh masyarakat.

“Ini mengindikasikan masyarakat semakin membutuhkan berbagai informasi dan pengetahuan tentang kebencanaan,” kata Wakil Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh, Dr Muslem Daud M. Ed dalam keterangannya kepada Serambinews.com.

Menurut Muslem, tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan terkait kebencanaan menjadi nilai positif di tengah upaya menciptakan masyarakat sadar bencana.

Seperti diketahui, Pojok PRB yang dibuka di arena puncak peringatan 15 tahun tsunami di Sigli menyediakan berbagai informasi, baik melalui brosur, buku maupun interaksi langsung dengan aktivis kebencanaan.

Abdya Belum Punya Escape Building, Rencana Dibangun Tahun Depan

Forum PRB Aceh Apresiasi Rencana Pemkab Aceh Besar Bangun Pos SAR di Objek Wisata Pantai

Materi yang disediakan antara lain program pembentukan desa/komunitas tangguh bencana, pelaksanaan satuan pendidikan aman bencana, dan penyusunan peta evakuasi partisipatif.

Juga tersedia materi terkait tata cara pelaksanaan simulasi bencana, protap tanggap darurat, sharing program PRB, teknis penyusunan dokumen kebencanaan (RPB, Renkon, RPKB), teknis penyusunan sistem peringatan dini, dan lain-lain.

Muslem Daud selaku Wakil Ketua II Forum PRB Aceh terlibat langsung melayani masyarakat yang menyerbu Pojok PRB di sela-sela peringatan 15 tahun tsunami di PCC Sigli.

Menjelang zuhur, semua materi (bahan bacaan) termasuk buku-buku kebencanaan yang disupport oleh BPBA habis total.

Bahkan, Asisten II Setda Aceh, HT Ahmad Dadek SH yang mendampingi Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo untuk meninjau langsung Pojok PRB yang dibuka oleh Forum PRB Aceh bersama BPBA terpaksa balik kanan karena pusat informasi kebencanaan tersebut harus tutup sebelum rangkaian acara berakhir karena kehabisan materi.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ir Sunawardi MSi memberikan apresiasi kepada Forum PRB Aceh yang telah ikut mengisi ruang di arena peringatan 15 tahun tsunami di Sigli, Pidie dengan berbagai program yang terkait upaya pengurangan risiko bencana.

“Saya pikir peran yang dimainkan oleh Forum PRB sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai organisasi yang fokus pada isu-isu pengurangan risiko bencana,” kata Sunawardi.(*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved