SALAM SERAMBI

Tahun 2020, Kita Mau Apa?

MASYARAKAT di Aceh dilarang keras membuat acara-acara terkait dengan penyambutan tahun 2020

Tahun 2020, Kita Mau Apa?
IST
Pesta kembang api menyambut tahun baru di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Minggu (1/1/2017). 

MASYARAKAT di Aceh dilarang keras membuat acara-acara terkait dengan penyambutan tahun 2020. Dan, masyarakat juga diminta mematuhi seruan-seruan yang su­dah dikeluarkan para Forkopimda di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Akan tetapi, pembahasan mengenai bagaimana kita harus mengarungi tahun 2020 agar tak le­bih menyakitkan dari tahun-tahun sebelumnya, tentu harus menjadi perhatian kita semua.

Dalam beberapa hari terakhir, kaum millenials sudah mengungkapkan banyak hal tentang pergantiann tahun. Kita semua harus meninggalkan tahun 2019 yang sudah mewar­nai kita dengan suasana sedih, susah, senang, dan baha­gia. Kini kita diajak menyongsong tahun 2020 dengan pe­nuh semangat dan kegembiraan. Suara kaum muda yang terpantau di media sosial umumnya mengajak kita semua bersikap optimis menyambut tahun 2020.

Berikut kita kutip suara hati mereka. "Boleh saja tahun kemarin kita terpuruk, tapi tidak untuk besok, mari kita bangkit menggapai masa depan dengan penuh kebahagi­aan." Diingatkan pula bahwa "Tahun baru atau perganti­an tahun seperti juga pergantian bulan, pergantian minggu, pergantian hari atau pergantian siang dan malam. Semua­nya adalah 'stasiun waktu' untuk muhasabah dan tadabur."

Ada juga yang me"warning" menyambut tahun 2020 de­ngan bahasa yang sangat puitis. "Kita tidak akan bisa me­ngendalikan angin saat berlayar, tapi kita bisa menyesu­aikan layarnya. Selamat berlayar dan selamat menjemput takdir di tahun 2020." Lalu, ada anak muda lainnya yang menyampaikan, bahwa agar kita sukses di tahun 2020, maka salah satu kuncinya adalah "Jangan lupa belajar dari tahun-tahun yang sudah berlalu."

Jika tahun-tahun sebelumnya setiap menyambut awal ta­hun kita selalu menyorot tentang kinerja pemerintah dan tantangnya di tahun baru. Namun, kali ini kita melihat sua­ra warganet menyambut tahun 2020. Kaum millenials men­dorong kaum usia produktif supaya jangan sampai lengah dalam merebut kesempatan-kesempatan baru beserta tan­tangannya di tahun 2020.

Usaha merebut kesempatan di tahun baru ini bukan ha­nya dimaksudkan bagi mereka yang belum punya pekerja­an. Akan tetapi, mereka yang sudah punya pekerjaan atau bisnis juga jangan ragu untuk mengambil kesempatan baru di tahun baru ini.

Menurut kaum millenials memulai tahun yang baru tidak menarik jika kita tidak berani memberikan tantangan ke diri sendiri untuk mempelajari hal yang sebelumnya kita pikir mustahil.

Harapan umum kita adalah bahwa di tahun depan akan membawa perubahaan dalam hidup kita ke arah yang lebih baik. Impian-impian yang selama ini belum tergapai, hen­daknya di tahun ini akan menjadi kenyataan. Namun, se­perti kita katakan tadi, bahwa, untuk menjemput imian itu di tahun 2020, kita juga jangan lupa dengan tantangannya. Ada resiko yang harus diambil. Inilah tantangan yang tidak mungkin dielakkan. Dengan menyadarinya, maka kita su­dah harus mempersiapkan mental bahwa perjalanan ke de­pan, belum tentu lebih mulus daripada tahun-tahun yang su­dah kita lalui.

Harus kita garisbawahi pula bahwa mengubah sikap men­tal memerlukan kekuatan pikiran bahwa sesungguhnya ti­dak ada yang mustahil dalam hidup ini. Maka, dengan adanya harapan-harapan dan impian-impian yang belum tergapai mestinya membuat kita menjadi lebih bersema­ngat lagi untuk merebut peluang dan kesempatan di tahun 2020.

Pasti banyak yang menyadari bahwa tahun 2019 sa­lah satu masa sulit yang harus dihadapi. Secara finasial, --mungkin karena pengaruh perekonomian daerah yang tum­buh menggembirakan- membuat kita hidup di zona kemis­kinan. Dan, kondisi ekonomi daerah tahun depan juga be­lum terdapat indikator-indikator akan lebih baik. Maka, di dalam situasi ekonomi yang tidak menggembirakan itu, kita harus hadapi dengan semangat dan optimisme tinggi. Kita tak boleh kehiloangabn semangat, aopalagi putus asa.

Dengan semangat dan harapan untuk memulai hal po­sitif yang baru dan meninggalkan semua hal buruk di be­lakang, mari fokus untuk menggapai impian bersama di tahun 2020.

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved