Berita Banda Aceh

Pasien Cuci Darah di RSUZA Cukup Fingerprint, Tidak Perlu Perbarui Rujukan

Sejak 1 Januari 2020, RSUZA Banda Aceh mulai melayani pasien cuci darah atau hemodialisis cukup hanya melakukan perekaman sidik jari (fingerprint)

Pasien Cuci Darah di RSUZA Cukup Fingerprint, Tidak Perlu Perbarui Rujukan
RSUZA 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sejak 1 Januari 2020, Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh mulai melayani pasien cuci darah atau hemodialisis cukup hanya dengan melakukan perekaman sidik jari (fingerprint).

Pasien tidak perlu lagi kembali ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk memperbarui rujukan.

"Saat ini pasien yang rutin melakukan cuci darah hanya perlu melakukan fingerprint tanpa harus bolak- balik lagi ke FKTP untuk memperbaharui rujukan setiap tiga bulan sekali.

Ini merupakan suatu kemudahan akses pelayanan kesehatan bagi pasien,” kata Kepala Ruang Hemodialisis RSUZA Banda Aceh, Ns Syahrizal SKep MKM, Kamis (16/1/2020).

Goresan Tangan Terdakwa Pembunuh Sopir Travel, Rela Dihukum Mati Demi Menebus Dosa

Ia menambahkan, biasanya setelah habis masa rujukan, maka pasien harus membuat rujukan baru sehingga dengan adanya inovasi ini tidak akan menyulitkan pasien lagi.

"Jadi bagi pasien yang hendak melakukan cuci darah cukup datang tidak perlu membawa apa-apa, hanya fingerprint saja dan langsung kita layani untuk cuci darah," jelasnya.

Dikatakan Syahrizal, pasien yang melakukan fingerprint merupakan pasien yang sudah terekam data-datanya di rumah sakit tersebut.

Apabila bagi pasien yang baru pertama sekali datang untuk cuci darah, maka perlu membawa surat rujukan, dan syarat lainnya agar didata dan tersimpan pada sistem rumah sakit.

DPRK Aceh Tenggara Ajak DPRK Aceh Selatan Dorong Pembukaan Jalan Tembus Aceh Selatan-Aceh Tenggara

Menurutnya, selain kemudahan yang didapat bagi pasien, kemudahan juga didapat oleh pihak rumah sakit yang merupakan rumah sakit pusat rujukan di Aceh.

Halaman
12
Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved