Breaking News:

Merawat Melayu dari Yala

Provinsi Yala, Thailand, adalah salah satu dari pecahan Pattani bersama dengan Naratiwat. Yala (dalam bahasa Thai ยะลา) merupakan wilayah (changwat)

For Serambinews.com
Teuku Dadek SH, Asisten II Setda Aceh. 

Merawat Melayu dari Yala

 

Teuku Dadek, S.H., Asisten II Setda Aceh, melaporkan dari Yala, Thailand

Provinsi Yala, Thailand, adalah salah satu dari pecahan Pattani bersama dengan Naratiwat.  Yala (dalam bahasa Thai ยะลา) merupakan wilayah (changwat) Thailand yang terletak di bagian paling selatan. 

Yala bertetangga dan berdekatan dengan Songkhla, Pattani, Narathiwat, dan Satun. Yala juga berbatasan dengan Perak dan Kedah, Malaysia.

Sepanjang perjalanan ketika memasuki wilayah Pattani dan Yala, di jalan raya terdapat pos-pos penjagaan tentara Thailand.

"Lagee watee tanyoe konflik away (Seperti pada masa konflik kita dulu," komentar spontan salah seorang penari dari Aceh Utara.

Pos-pos militer di pintu masuk highway memang mirip dengan pos jalan Banda Aceh-Medan atau Meulaboh-Medan. Di pos- pos tersebut diparkir truk militer yang sudah dimodifikasi.

Kehadiran pos tersebut mengingatkan saya pada kondisi Aceh saat masa konflik. Sejak masuk Hat Yai rasa "trauma" itu kembali hadir di benak saya. Terutama saat terlihat blokade karung pasir atau pun balok-balok yang dicat loreng militer sebagai pos pemeriksaan (check point).

VIDEO - Trump Jemawa Lolos Pemakzulan, Sindir Pelosi Dalam Pidato Resminya

Bupati Aceh Barat Kukuhkan Forum Aksi Genre

Puluhan Pecandu Narkoba Usia Produktif Direhab Jalan, Ini Pengharapan Kepala BNN Kota Banda Aceh

Di titik inilah dilakukan clearance terhadap apa dan siapa saja yang masuk ke Pattani dan Yala. Namun, tentara yang berjaga di pos tidak memeriksa sampai ke dalam mobil van yang kami tumpangi. Mereka juga menunjukkan keramahan dengan tetap siaga.

Halaman
1234
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved