Breaking News:

SALAM SERAMBI

Patuhi Bersama Instruksi Terkait Wabah Corona

MINGGU kemarin merupakan hari terpenting dalam seja­rah mitigasi wabah virus corona di Indonesia, termasuk di Aceh tentunya

HUMAS PEMERINTAH ACEH
Plt Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hanif, Direktur RSUZA, Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine dan rombongan meninjau ruangan serta fasiitas ruang Isolasi Respiratory Intensive Care Unit (RICU), tempat perawatan pasien suspect virus Corona di RSU Zainoel Abidin, Banda Aceh, Kamis (12/3/2020) 

MINGGU kemarin merupakan hari terpenting dalam seja­rah mitigasi wabah virus corona di Indonesia, termasuk di Aceh tentunya. Sebab, pada hari Minggu kemarinlah di Bogor Presiden Jokowi menetapkan beberapa kebijakan yang berdam­pak luas secara nasional.

Secara spesifik Presiden Jokowi menyatakan pemerintah te­lah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letjen TNI Doni Monardo.

Gugus tugas ini telah bekerja secara efektif dengan menyi­nergikan kekuatan nasional, baik di pusat maupun di daerah, melibatkan ASN, TNI dan Polri, serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi.

Sebagai negara besar dan negara kepulauan, tingkat pe­nyebaran Covid-19 ini derajatnya bervariasi antardaerah. Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta kepada seluruh gubernur, bupati dan wali kota untuk terus memonitor kondi­si daerah dan terus berkonsultasi dengan pakar medis dalam menelaah situasi.

Kemudian, terus pula berkonsultansi dengan Badan Nasio­nal Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menentukan status daerahnya siaga darurat ataukah tanggap darurat bencana no­nalam.

Berdasarkan status kedaruratan daerah tersebut, jajaran pe­merintah daerah dibantu jajaran TNI dan Polri serta dukungan dari pemerintah pusat untuk terus melakukan langkah-langkah yang efektif dan efisien dalam menangani penyebaran dan dam­pak Covid-19.

Kepala daerah juga diberikan kewenangan membuat kebi­jakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan kewe­nangan penuh bagi rektor terhadap perkuliahan mahasiswa.

Termasuk kewenangan kepala daerah membuat kebijakan tentang sebagian ASN bisa bekerja di rumah dengan menggu­nakan interaksi online, dengan tetap mengutamakan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Nah, sebagian besar wejangan dan instruksi dari Presiden tersebut sudah ditindaklanjuti langsung kemarin oleh para ke­pala daerah, termasuk oleh Plt Gubernur Aceh melalui Sekda dr Taqwallah.

Di antaranya sudah dikeluarkan surat edaran bahwa mulai hari ini sekolah Aceh diliburkan. Kepala Dinas Pendidikan Aceh juga sudah mempertegasnya. Para rektor pun sebagian besar sudah mengambil kebijakan untuk meniadakan perkuliahan se­cara tatap muka. Sebagai gantinya akan dilakukan pembelajar­an di rumah melalui online berbasis social distancing.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved