Breaking News:

Berita Aceh Barat

Anda Berasal dari Zona Merah, Siap-siap Tunjukkan Surat Bebas Covid-19 Saat Masuk ke Aceh Barat

Pelaksanaan kebijakan sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran virus corona ini akan dilakukan di setiap pintu masuk ke Aceh Barat.

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS/SA'DUL BAHRI
Amril Nuthihar, Juru Bicara Pemkab Aceh Barat 

Laporan Sa’dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Kebijakan tegas dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat dalam mencegah daerahnya menjadi wilayah pandemi virus corona atau Covid-19.

Selain melakukan rapid test terhadap semua pekerja atau tamu yang datang ke daerah itu serta memperketat penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

Kini Pemkab Aceh Barat mewajibkan semua orang yang berasal dari daerah zona merah corona untuk membawa dan menunjukkan surat bebas Covid-19 saat memasuki kabupaten setempat dan harus mengikuti petunjuk standard operasional procedur (SOP) Covid-19.

Pelaksanaan kebijakan sebagai upaya mencegah terjadinya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) atau virus corona ini akan dilakukan di setiap pintu masuk ke Aceh Barat.

"Setiap orang yang berasal dari daerah zona merah corona wajib melapor ke Satgas Covid-19 di gampong ia berdomisili dan melampirkan surat keterangan uji tes reverse transciption polymerase chain reaction (RT-PCR),” kata Amril Nuthihar, Juru Bicara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat kepada Serambinews.com, Minggu (7/6/2020).

50 Pekerja Asal Sumut Jalani Rapid Test Massal, Ini Tujuan Mereka Datang ke Nagan Raya

Takut Desanya Hilang dari Peta Aceh Barat, Keuchik Gampong Pasir Minta Pemerintah Lakukan Ini

Ketua Muhammadiyah dan KNPI Lhokseumawe Ajak Masyarakat Ikuti Imbauan Pemerintah terkait Zona Merah

Ia mengungkapkan, ada 7 poin dalam seruan bersama tentang pencegahan penyebaran Covid-19. Di antaranya, setiap warga yang melakukan perjalanan dan tamu yang datang dari daerah terjangkit pandemi wajib melapor kepada Satgas Covid-19 di desa berdomisili serta menunjukkan surat bebas Covid-19.

“Pendatang atau tamu juga harus menggunakan masker saat berinteraksi dengan warga, menghindari keramaian, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang ada nantinya,” tegas dia.

Upaya pencegahan wabah corona, papar Amril, terus dilakukan semaksimal mungkin oleh Pemerintah Aceh Barat sesuai denga petunjuk SOP Covid-19, sehingga penyakit tersebut tidak menular dan menyebar di kabupaten setempat.

“Seruan bersama dari Forkopimda ini merupakan salah satu bentuk keseriuan daerah dalam menangani wabah corona ini,” tutupnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved