Breaking News:

Update Corona di Aceh Barat

Ini Hasil Tes Swab 19 Warga yang Kontak Langsung dengan Pasien Positif Covid-19 di Aceh Barat

Satu pasien positif Covid-19 di Aceh Barat tersebut berinisial DR (30) yang kini berada di Depok, Jawa Barat sedang menjalani penanganan medis di ruma

SERAMBINEWS.COM/SA'DUL BAHRI
Irsadi Aristora, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Barat 

Laporan Sa'dul bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Meski pernah kontak langsung dengan salah satu pasien positif Covid-19 di Aceh Barat, namun 19 warga di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat yang sebelumnya menjalani tes swab hasilnya semua negatif Corona.

Mereka di-tracking oleh Tim Gugus Tugas yang berujung pada tes swab lantaran salah satu warga positif Corona.

Di antara 19 warga tersebut merupakan keluarga dekat dan tetangga pasien positif, sehingga untuk mengantisipasi penyebaran tim gugus sera melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan.

Satu pasien positif Covid-19 di Aceh Barat tersebut berinisial DR (30) yang kini berada di Depok, Jawa Barat sedang menjalani penanganan medis di rumah sakit.

Sebelumnya pasien tersebut berhasil lolos dari Aceh Barat menuju ke Depok yang kala itu sudah terpapar corona.

Tolak Kompetisi Liga 1 2020 Kembali Dilanjutkan, PSSI Lobi Persebaya, Persik Kediri, dan Barito

Digarap Warga untuk Lahan Perkebunan dan Pertanian, Pemkab Bener Meriah Tertibkan Kawasan Peternakan

Koordinator MaTA Minta Jaksa Teliti Telusuri Aliran Dana Kasus Jalan Muara Situlen-Gelombang

“19 Warga yang pernah kontak langsung dengan pasien positif semuanya negatif berdasarkan hasil swab yang keluar pada Jumat (3/7/2020) sore,” jelas Irsadi Aristora, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Barat kepada Serambinews.com, Sabtu (4/7/2020).

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa DR selama ini berdomisili di Depok Jawa Barat, dan menjelang Hari raya Idul Fitri yang bersangkutan pulang ke kampung halamannya di Meureubo.

Namun baru-baru ini suami dari DR yaitu IT (31) pulang ke Meureubo dari Depok guna menjemput DR, dan sebelum kembali mereka pada Jumat (19/6/2020) mereka menjalani di rapid test dan swab dengan hasil saat itu DR reaktif, dan saat itu diingatkan jangan meninggalkan Aceh Barat sebelum ada hasil swab keluar.

Berawal dari itu, DR bersama suaminya IT pada Minggu (21/6/2020) kembali ke Depok, Jawa Barat tanpa diketahui oleh tim gugus saat itu, dan pada Kamis (25/6/2020) tim gugus mengetahui hasil swab dari Banda Aceh yang menunjukkan bahwa DR positif.

Pada hari itu juga tim gugus bergerak cepat ke lokasi tempat DR tinggal di Meureubo guna untuk melakukan penanganan, namun sayangnya saat itu DR dan IT telah meninggalkan Aceh Barat dan mereka sudah berada di Depok.

Tim Gugus yang mengetahui hal tersebut langsung melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien tersebut.

Selain di tes swab keluarga dekat dan tetangga juga dilakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

Menyangkut kasus tersebut dianggap telah selesai, dan pasien positif itu sedang dilakukan penanganan medis di Depok dengan harapan bisa sembuh.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved