Berita Nagan Raya

Alhamdulillah, Pemuda 26 Tahun Negatif Corona, Ini Update Data OTG, ODP, dan PDP di Nagan Raya

"Alhamdulilah, hasil tes swabnya negatif Covid-19. Itu berarti pemuda tersebut sehat dan tidak terpapar virus corona," ujar dr Edi Hidayat.

For Serambinews.com
Koordinator Dokter Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Nagan Raya, dr Edi Hidayat SpPD (kanan) ketika berbincang dengan Bupati HM Jamin Idham, dan Dandim, serta Kadis Kesehatan saat peresmian rumah sehat Covid-19, Maret 2020 lalu. 

Laporan Rizwan | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Hasil tes swab seorang pemuda Nagan Raya yang masuk dalam daftar orang tanpa gejala (OTG) akhirnya keluar juga.

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh itu ternyata pemuda berusia 26 tahun tersebut dipastikan negatif virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Praktis, dengan keluarnya hasil swab yang menunjukkan tidak terpapar virus corona, maka pemuda tersebut kini sudah bisa mengakhiri masa isolasi mandirinya yang sudah dijalani sejak beberapa hari lalu.

Koordinator Dokter Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Nagan Raya, dr Edi Hidayat SpPD kepada Serambinews.com, Rabu (8/7/2020), mengatakan, hasil swab test pemuda OTG dari Balitbangkes Aceh tersebut diterima pihaknya dari Dinas Kesehatan Aceh.

"Alhamdulilah, hasil tes swabnya negatif Covid-19. Itu berarti pemuda tersebut sehat dan tidak terpapar virus corona," ujar dr Edi Hidayat.

Sebut Tugasnya Berat untuk Membangun Desa, APDESI Minta Keuchik Didukung, Bukan Diperas

Tujuh Bulan DPO, Maling Kambing di Simeulue Ditangkap di Nagan Raya

Dewan Minta, Manajemen RSUD Cut Nyak Dhien Dibenahi, Terkait Hasil Pansus DPRK Aceh Barat    

Ia melanjutkan, setelah hasil swab pemuda berusia 26 tahun itu keluar dan memastikan yang bersangkutan negatif Covid-19, maka kini jumlah OTG di Nagan Raya menjadi nihil.

"Jadi, dengan keluarnya hasil swab pemuda itu yang dipastikan negatif corona, maka OTG di Nagan Raya menjadi nihil," beber Koordinator Dokter Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Nagan Raya ini.

Selain OTG yang kini kosong, berdasarkan data yang diperoleh Serambinews.com dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, saat ini orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait corona, juga nihil di Nagan Raya.

Oleh sebab itu, sampai saat ini Kabupaten Nagan Raya juga masih masuk daftar daerah zona hijau penyebaran virus corona atau Covid-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak RSUD Sultan Iskandar Muda (SIM) Nagan Raya telah melakukan tes swab terhadap seorang pemuda asal sebuah desa di kabupaten tersebut lantaran warga itu menunjukkan hasil reaktif ketika menjalani rapid test.

Ini Kronologis Nelayan Birem Aceh Timur yang Meninggal Tenggelam    

Dewan Minta Anggaran Antisipasi Corona di Aceh Tenggara Digunakan Transparan

Pelaksanaan Umrah Belum Ada Izin, Haji Hanya Untuk Warga Setempat

Pemuda tersebut selama ini menetap di sebuah desa di Nagan Raya, namun ia beberapa waktu lalu pulang dari Jakarta yang merupakan daerah zona merah corona.

Terungkapnya pria itu reaktif saat ia akan kembali lagi ke Jakarta dan menjalani rapid test di Meulaboh, Aceh Barat untuk membuat surat bebas Covid-19.  Karena hasil rapid test menunjukkan reaktif maka pemuda itu langsung melakukan isolasi mandiri.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Nagan Raya yang mengetahui ada warga reaktif saat rapid test langsung melakukan tes swab di RSUD SIM Nagan Raya terhadap pemuda tersebut.(*)

Penulis: Rizwan
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved