Komunitas

Pemuda dan Remaja Masjid Gampong Keudah Bantu Pengungsi Rohingya

“Aksi yang dilakukan pemuda dan Remaja Masjid Gampong Keudah ini murni didasari nilai-nilai kemanusiaan, apalagi terhadap saudara kami sesama muslim.”

Gampong Keudah/For Serambinews.com
Pemuda dan Remaja Masjid beserta Sekdes Gampong Keudah, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya melalui salah seorang panitia di lokasi penampungan di Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Sabtu (18/7/2020). 

“Aksi yang dilakukan pemuda dan Remaja Masjid Gampong Keudah ini murni didasari nilai-nilai kemanusiaan, apalagi terhadap saudara kami sesama muslim.”

Laporan Nasir Nurdin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Terdamparnya warga muslim Rohingnya di Pantai Lancok, Aceh Utara pada 25 Juni 2020 telah memantik empati masyarakat dunia. Kisah penyelamatan yang begitu heroik oleh warga Aceh Utara sehingga semua imigran berhasil didaratkan juga tak kurang menuai simpati.

Dalam perkembangan selanjutnya, berbagai kalangan di Aceh menggalang bantuan kemanusiaan untuk warga muslim yang terusir dari negeri mereka sendiri.

Pemuda dan Remaja Masjid Jamik Gampong Keudah, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh termasuk dalam barisan yang ikut mangampanyekan kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan, apalagi terhadap saudara sesama muslim.

Kunjungi Imigran Rohingya di Lhokseumawe, Tim Kemenko Polhukam RI Minta TNI-Polri Bantu UNHCR

Informasi yang diterima Serambinews.com, aksi penggalangan bantuan oleh pemuda dan Remaja Masjid Jamik Gampong Keudah berlangsung selama sepekan.

Menurut Ketua Pemuda Gampong Keudah, Ferdian, aksi ini murni didasari nilai-nilai kemanusiaan, apalagi terhadap saudara sesama muslim.

Keurukon Katibul Wali Nanggroe Susun Rancangan Waliyul ‘Ahdi

Ferdian mengatakan, sebagai sesama muslim mereka dapat merasakan penderitaan yang dialami etnis Rohignya yang terbuang dari negara mereka sendiri.

“Kami bisa merasakan bagaimana kesedihan ketika kami kehilangan saudara akibat bencana tsunami. Kami juga bisa merasakan bagaimana getirnya hidup sebagai manusia tenda. Inilah yang semakin memotivasi kami melakukan penggalangan bantuan untuk muslim Rohingya yang kini hdup di kamp pengungsian,” ujar Ferdian.

4 Pria Perkosa Wanita, Hakim Justru Perintahkan Agar Korban Perkosaan di Penjara

Hal senada juga disampaikan Sekdes Gampong Keudah, Zavinal Satrya SE. Menurut Zavinal, bantuan yang terkumpul itu tidak semuanya dari warga Gampong Keudah, ada juga dari warga gampong lain di wilayah Kota Banda Aceh.

“Ini wujud kepedulian masyarakat Gampong Keudah untuk saudara kita yag seakidah. Semoga, bantuan yang tidak seberapa nilainya ini bisa meringankan beban mereka,” kata Sekdes Gampong Keudah.

Disalurkan

Bantuan yang disalurkan oleh pemuda dan Remaja Masjid Jamik Gampong Keudah untuk pengungsi Rohingya yang kini ditampung di Balai Latihan Kerja (BLK), Desa Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe dikemas dalam bentuk bahan pangan, bahan sandang, kebutuhan anak-anak, peralatan mandi, dan beberapa jenis lainnya.

VIDEO - Rekan Sekantor Yodi Editor Metro TV Diduga Terlibat & Barang Bukti Baru Ditemukan

Bantuan diantar langsung ke lokasi pengungsian, Sabtu (18/7/2020) oleh Ketua Pemuda bersama Ketua Remaja Masjid didampingi unsur pengurus masing-masing. Ikut dalam tim tersebut, Sekdes Gampong Keudah, Zavinal Satrya.

“Bantuan diterima oleh perwakilan panitia penampungan pengungsi Rohingya bernama Waly,” kata Rahmad, salah seorang warga Keudah yang meneruskan informasi tersebut ke Serambinews.com, Sabtu (18/7/2020) malam. (*)

Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved