Breaking News:

Berita Aceh Tenggara

KPU Surati KIP Aceh untuk Gelar Rapat Pleno PAW Anggota KIP Aceh Tenggara

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI ) telah melayangkan surat ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mengelar rapat pleno...

For Serambinews.com
Inilah surat dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI ) telah melayangkan surat ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mengelar rapat pleno untuk pengganti Antarwaktu (PAW) Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara periode 2019-2024. 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE  - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI ) telah melayangkan surat ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk mengelar rapat pleno untuk pengganti Antarwaktu (PAW) Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara periode 2019-2024.

Permintaan itu terkait putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP-RI) untuk pemberian sanksi pemberhentian Hasrul Syahputra Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara dan Prasetya Andhika Saputra Anggota KIP Aceh Tenggara periode 2019-2024.

Pemberhentian tersebut sehubungan dengan putusan DKPP-RI nomor 34-PKE-DKPP/III/2020 yang dibacakan tanggal 24 Juni 2020 dan putusan DKPP nomor 59-PKE-DKPP/VI/2020 yang dibacakan tanggal 8 Juli 2020.

Bahwa DKPP memberikan sanksi pemberhentian kepada Hasrun Syahputra dan Prasetya Andhika Saputra. Dalam surat yang diteken Ketua KPU-RI Arief Budiman, meminta kepada KIP Aceh untuk melakukan supervisi dan melaksanakan rapat pleno untuk Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara sampai ditetapkan Pengganti Antarwaktu (PAW) Anggota KIP Aceh Tenggara periode 2019-2024.

Terkait hal itu, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Dr Syamsul Bahri SE MM, dalam pesan WhatsApp-nya yang ditanyai serambinews.com, Sabtu (25/7/2020), terkait  kepastian  dilaksanakan rapat pleno untuk KIP Aceh Tenggara soal PAW Anggota KIP Agara, Samsul Bahri, menyatakan bahwa Senin (27/7/2020) KIP Aceh akan membicarakan dalam rapat rutin.

Kapolres Aceh Utara Minta Tujuh Pelanggaran Ini Harus Jadi Prioritas Operasi Patuh Seulawah 2020

Seorang ODP Selesai Karatina, Kini Nagan Raya Kembali Nihil Kasus Covid-19

Seperti diberitakan sebelumnya Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia telah memberhentikan Hasrunsyah Putra, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara) dalam pembacaan putusan sidang oleh hakim majelis sidang DKPP RI yang dibacakan oleh Prof Teguh Prasetio SH MSi dan Dr Ida Budhiati SH MH di ruangan sidang DKPP Jakarta Pusat, Rabu (24/6/2020).

Ketua KIP Aceh, Dr Syamsul Bahri SE MM, kepada Serambinews.com, Rabu (24/6/2020) mengatakan, Ketua KIP Aceh Tenggara, Hasrunsyah Putra telah diberhentikan DKPP-RI.

Pemberhentian itu, berdasarkan putusan Nomor 34-PKE-DKPP/III/2020, DKPP RI demi Keadilan dan Kehormatan Penyelenggara Pemilu memeriksa Hasrunsyah Putra selaku Ketua KIP Aceh Tenggara dan menjatuhkan putusan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu yang diadukan pengadu Sufriadi, seorang wiraswasta alamat Desa Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara terhadap teradu Hasrunsyah Putra Ketua KIP Aceh Tenggara sebagai teradu.

Dalam putusan itu disebutkan, menimbang jawaban dan keterangan para pihak bukti dokumen dan dan fakta persidangan DKPP berpendapat beradu diduga pernah menjadi pengurus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Aceh Tenggara dengan jabatan bendahara pada Januari tahun 2013 mengajukan pengunduran diri dari pengurus partai dan mendapat persetujuan ketua PKPI Aceh Tenggara melalui surat Nomor 9 pada Januari 2013.

Ombudsman Aceh Selidiki Laporan Pupuk Subsidi Langka, Ini Penjelasannya

Halaman
123
Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved