Breaking News:

Aceh Besar Lawan Covid 19

Pandemi Tak Halangi Catin untuk Ikat Janji, Juni Bulan Terbanyak Pasangan Menikah di KUA Montasik

Bahkan, pada Juni 2020, menjadi bulan puncak banyak catin melangsungkan pernikahan, setidaknya hal ini terjadi di Kecamatan Montasik, Aceh Besar.

SERAMBINEWS.COM/ASNAWI LUWI
Kepala KUA Kecamatan Montasik. Aceh Besar, Muniruddin SAg 

Laporan Asnawi Luwi | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Masa pandemi corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia hingga Aceh, memang membuat banyak aktivitas warga terhenti.

Namun tidak dalam urusan berumah tangga alias pernikahan. Meski di awal-awal masa pandemi Covid pada bulan Maret 2020, banyak pasangan menunda pernikahan lantaran ada sejumlah kebijakan terkait pencegahan corona.

Tetapi kemudian, para calon pengantin (catin) tidak bisa lagi menunggu hasrat mereka untuk mengucap ikrar atau janji suci penikahan.

Bahkan, pada Juni 2020, menjadi bulan puncak banyak catin melangsungkan pernikahan, setidaknya hal ini terjadi di Kecamatan Montasik, Aceh Besar.

Seperti dikatakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Montasik, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar, Muniruddin SAg, selama pandemi Covid-19, pasangan terbanyak menikah terjadi pada bulan Juni 2020.

"Pada bulan Juni, tercatat ada 46 pasangan menikah. Ini terbanyak sejak bulan Maret hingga Agustus 2020," jelas Kepala KUA Kecamatan Montasik, Muniruddin SAg kepada Serambinews.com, Kamis (27/8/2020).

Guru SD Bunuh Tiga Orang, Alasannya Karena Bosan Hidup, Pengadilan Vonis Hukuman Mati

Hari Ini, Positif Corona di Aceh Tambah 97 Kasus, Meninggal Sudah 57 Orang, Delapan Besar Nasional

Alhamdulillah, 117 Pasien Reaktif Covid-19 di Aceh Besar Dinyatakan Sembuh

Muniruddin menerangkan, banyaknya catin menikah pada bulan Juni 2020, diduga karena saat mereka telah menjadwalkan waktu pernikahan di KUA Montasik, tiba-tiba Aceh Besar dilanda wabah virus corona.

Sehingga seluruh aktivitas pesta perkawinan dilarang, hanya dibolehkan pelaksanaan ijab kabul saja di tengah pandemi Covid-19.

“Jika pun ada yang menggelar resepsi pernikahan, itu juga harus mengikuti protokol kesehatan,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved