Breaking News:

Opini

Pesona Taman Krueng Daroy 2020

Setelah bertemu dan meminta izin agar saya dapat menyanyikan lagu-lagu yang dilantunkan oleh sang maestro penyanyi etnik Aceh

Pesona Taman Krueng Daroy 2020
IST
SYAHRIL, S.Pd., M.Ag., Guru SMA Negeri 6 Banda Aceh, melaporkan dari Kota Banda Aceh

SYAHRIL, S.Pd., M.Ag., Guru SMA Negeri 6 Banda Aceh, melaporkan dari Kota Banda Aceh

 Ie Krueng Daroy jeut keu seujarah

Bak Putroe Kamaliah manoe meupa

Iskandar Muda geukueh krueng nyan

Tempat meuseunang Putroe di Raja

(Rafly Kande)

 Setelah bertemu dan meminta izin agar saya dapat menyanyikan lagu-lagu yang dilantunkan oleh sang maestro penyanyi etnik Aceh, Rafly Kande, pada hari Rabu, 20 Juni 2018, di depan toko aksesori handphone Peunayong, saya sering menyanyikan lagu itu di setiap acara pesta pernikahan, maupun saat yudisium di Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Lagu itu saya pilih bukan tanpa alasan. Selain ritme musiknya yang enak didengar, liriknya pun sarat akan sejarah Krueng Daroy (Sungai Daroy) pada masa lalu di Kerajaan Aceh Darussalam saat dipimpin oleh Sultan Alaiddin Iskandar Muda Meukuta Alam (4 April 1607-27 Desember 1636 Masehi).

Saya baru tahu sungai itu bernama Krueng Daroy ketika berusia 12 tahun, saat kelas VI SD, pada tahun 1986. Walaupun sudah mengetahui itu Krueng Daroy, tapi saya sama sekali tidak tahu bahwa Krueng Daroy memiliki sejarah yang penuh kenangan, bahkan romantis.

Dulunya, saya sering menginap di rumah abang sepupu saya, yaitu Boby Rusadi, Deny Sahyudi, dan Khairil Fadli di Geuceu Iniem. Hampir setiap hari Minggu kami memancing di Krueng Daroy yang berjarak lebih kurang 50 meter dari rumah. Ketika saya menyentuh air, terasa dingin di tangan, tapi sedikit agak berbau air parit. Namun, saya tidak menghiraukannya, yang penting dapat ikan. Ada beberapa jenis ikan yang kami dapat seperti: ikan puntius brevis (sirokan), gabus, bloso, nila, dan udang. Ya, itulah kenangan kami di masa kecil.

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved